Find Us On Social Media :

Hubungan Seks Setelah Operasi Jantung Tidak Disarankan dengan Pasangan Muda, Ini Alasannya

Perlu hati-hati berhubungan intim bagi penyandang penyakit jantung terutama setelah operasi.

GridHEALTH.id - Operasi jantung, seperti pemasangan ring, ablasi hingga by-pass telah menolong jutaan orang di seluruh dunia yang mempunyai gangguan jantung.

Setelahnya, para pasien ini tentu ingin menikmati kembali kehidupan normal. Termasuk berolahraga, dan tentu saja bagaimana menjalani kehidupan seksualnya pasca operasi. 

Dr Tilak Suvarna, ahli jantung intervensi dan Kepala Kardiologi, Asian Heart Institute, di Mumbai, India, memberikan jawaban pada sejumlah pertanyaan tentang seks setelah operasi jantung:

Kapan seseorang bisa berhubungan seks setelah operasi?

Kita harus menunggu setidaknya 4-6 minggu setelah operasi selesai. Dalam kasus operasi by-pass, pasien harus menunggu sampai lukanya sembuh.

Apakah ada tindakan pencegahan yang harus dilakukan sebelum, selama dan setelah hubungan seksual?

Salah satu hal terpenting adalah istirahat yang cukup pada saat melakukan aktivitas seksual. Anda harus menghindari lingkungan yang tidak dikenal dan pasangan yang tidak dikenal.

Jika itu adalah pasangan tetap, itu seharusnya tidak menimbulkan masalah. Tetapi jika itu adalah pasangan baru, terutama seseorang yang lebih muda, maka ada kemungkinan lebih banyak kecemasan dan detak jantung meningkat.

Kebanyakan orang yang menderita serangan jantung saat berhubungan seks adalah pria yang memiliki pasangan yang lebih muda dan tidak dikenal.

Baca Juga: 7 Obat Penyakit Jantung Umum Digunakan, Ini Manfaat dan Dosisnya

Baca Juga: 10 Tanda Gangguan Kesehatan Mental yang Perlu Diketahui, 5 Selebriti Indonesia Mengalami

Faktor penting lainnya adalah menghindari makanan berat dan alkohol sebelum berhubungan seks. Lebih penting lagi, seseorang harus menghindari posisi yang membatasi pernapasan.