Find Us On Social Media :

Kopi dan Kolesterol, Espresso Buruk Untuk Pria, Wanita Hindari Kopi Tubruk

Minum espresso meningkatkan kadar kolesterol pada pria, studi.

GridHEALTH.id - Minum espresso meningkatkan kadar kolesterol secara signifikan lebih banyak pada pria daripada wanita, sebuah studi baru menemukan.

Di sisi lain, wanita yang minum kopi tubruk dan kopi saring memiliki kadar kolesterol lebih tinggi daripada pria.

Menariknya, kopi yang direbus atau diseduh ditemukan memiliki efek yang sama pada kedua jenis kelamin, sementara kopi yang disaring meningkatkan kadar kolesterol pada wanita, tetapi tidak pada pria.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal open-access Open Heart ini didasarkan pada data dari lebih dari 21.000 orang berusia di atas 40 tahun dari Troms di Norwegia, yang merupakan negara dengan konsumsi kopi tertinggi kedua di dunia.

Para peneliti mengembangkan panduan komprehensif untuk hubungan antara berbagai jenis konsumsi kopi dan kolesterol serum, yang mewakili jumlah kolesterol dalam darah seseorang.

Partisipan ditanya berapa cangkir kopi yang mereka minum setiap hari, serta dalam bentuk apa mereka minum (filter; plunger; espresso dari mesin kopi, pod, mocha pot, kopi tubruk, dan instan).

“Kopi adalah stimulan sentral yang paling sering dikonsumsi di seluruh dunia,” tulis para penulis. “Karena konsumsi kopi yang tinggi, bahkan efek kesehatan yang kecil pun dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang cukup besar.”

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa bahan kimia alami dalam kopi dapat menyebabkan kadar kolesterol yang lebih tinggi dalam darah, yang berhubungan dengan masalah jantung, termasuk stroke.

Tapi ada apa di balik ini? Menurut para peneliti, bahan kimia alami dalam kopi, termasuk diterpen, cafestol, dan kahweol, meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga: Lagi Tren Kopi Dicampur Alpukat, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

Baca Juga: 5 Cara Cepat Menghilangkan Penglihatan Kabur, Kebanyakan Karena Layar Biru di Gadget

Dalam studi saat ini, wanita minum rata-rata hanya di bawah empat cangkir kopi per hari, sementara pria rata-rata mengonsumsi sekitar lima cangkir.