Find Us On Social Media :

Cara Bakar Lebih Banyak Kalori Saat Hubungan Seks, Ini Gaya Bercinta yang Direkomendasikan

Posisi bercinta bisa menentukan berapa jumlah kalori yang dibakar.

GridHEALTH.id - Meski tidak bisa menggantikan olahraga, hubungan seks memang bisa jadi cara luar biasa untuk membantu membakar kalori di dalam tubuh.

Lantas berapa banyak kalori yang sebenarnya dibakar oleh hubungan seks?

Penelitian telah menemukan bahwa pria membakar rata-rata 101 kalori saat berhubungan seks, atau sekitar 4,2 kalori yang terbakar per menit.

Wanita membakar rata-rata 69 kalori saat berhubungan seks, atau sekitar 3,2 per menit.

Hasil ini berasal dari sebuah studi kecil tahun 2013 yang membandingkan pembakaran kalori yang dialami pasangan heteroseksual muda dan sehat yang menghabiskan 25 menit berhubungan seks versus berlari di treadmill selama 30 menit.

Para peneliti menemukan bahwa selama sesi aktivitas seksual rata-rata - yang didefinisikan sebagai foreplay, hubungan seksual, dan setidaknya satu orgasme pasangan, pria membakar 101 kalori, dan wanita membakar 69,1 kalori.

Seks membakar kalori secara signifikan lebih sedikit daripada ketika peserta yang sama berolahraga di treadmill, di mana pria membakar 9,2 kalori per menit dan wanita membakar 7,1 kalori per menit - lebih dari dua kali lipat seks.

"Ada semacam pengeluaran energi (selama berhubungan seks) tapi tidak sebesar itu."

Demikian yang dikatakan Antony Karelis, PhD, rekan penulis studi dan profesor di departemen ilmu olahraga di University of Quebec, Montreal, dilansir dari Insider (13/4/2022).

Baca Juga: Cacar Monyet Bukan Penyakit Menular Seksual Tetapi Bisa Berdampak Pada Kesehatan Seksual, Studi

Tinjauan 2013 lainnya menyimpulkan hasil yang serupa, dimana seorang pria berusia 30-an mungkin hanya membakar 21 kalori selama hubungan seksual jika dia berhubungan seks selama enam menit.

Lima sampai enam menit adalah tentang durasi rata-rata hubungan seksual, tidak termasuk foreplay.