Find Us On Social Media :

5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menurunkan Kesuburan Pria, Jangan Lakukan

Kebiasaan menaruh ponsel di saku celana depan bisa membuat kualitas sperma menurun.

GridHEALTH.id - Wanita sering menjadi sasaran dengan tudingan mandul jika dalam sebuah pernikahan, setelah sekian lama, belum juga dikaruniai anak.

Padahal pria juga memiliki kemungkinan mengalami infertilitas atau bahkan infertilitas. Persentasenya 50:50. Jadi suami bisa juga jadi penyebab tidak adanya keturunan.

Apalagi jika pria sering melakukan kebiasaan berikut, berimbas pada rendahnya kualitas sperma dalam membuahi sel telur.

Bukankah salah satu syarat adanya pembuahan, yaitu sperma yang sehat? Professor Joseph Alukal dari NYU Medical Center menyebut ada kebiasaan buruk yang bisa menurunkan kesuburan seorang pria. Ini adalah lima kebiasaan buruk tersebut;

1. Stres

Stres terlalu banyak mempengaruhi kesehatan manusia, termasuk kesuburan reproduksi. Semakin sering pria mengalami stres, tidak hanya kondisi kesuburan yang terganggu. Namun bentuk sperma disebut juga akan menjadi tidak normal.

2. Berendam air panas

Suhu yang terlalu jauh di atas suhu testis, bisa membuat kualitas sperma menurun drastis atau bahkan membunuh sperma. Misalnya saat mandi sauna, hot tub, memangku laptop, dan kebiasaan serupa.

3. Obesitas

Baca Juga: Sperma Pria yang Belum Divaksin Covid-19 Disebut Bakal Berharga di Masa Depan? Cek Fakta Sebenarnya

Baca Juga: Healthy Move, 7 Latihan Paling Efektif Bikin Tubuh Langsing dan Bugar

Obesitas tidak banyak mempengaruhi kesuburan, namun penelitian menemukan bahwa obesitas dapat menyebabkan masalah seksual seperti ejakulasi dini, disfungsi ereksi, dan lain-lain.