Find Us On Social Media :

Cukup 10 Ribu Langkah Jalan Kaki Dalam Sehari Bikin Badan Langsing

Yuk rutin jalan kaki, cukup 10.000 langkah perhari.

GridHEALTH.id - Sadarkah, jalan kaki setiap hari dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan persendian yang kaku.

Bahkan rutin jalan kaki secara konsisten juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Syaratnya musti dilakukan setiap hari, dan dilakukan tanpa henti selama 15-30 menit per hari bisa mengubah penampilan dan membuat tubuh tambah sehat.Hal ini sejalan dengan pendapat dokter jaman Yunani kuno, Hippokrates, yang mengatakan, "Berjalan adalah obat yang paling baik".Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), jalan kaki paling tidak dilakukan 150 menit dalam seminggu untuk melakukan aktivitas fisik intensitas sedang, atau 75 menit dalam seminggu untuk aktivitas intensitas tinggi.Jadi benar, idealnya kita harus aktif jalan kaki selama 30 menit per hari selama lima hari dalam seminggu.Adapun jalan kaki yang fokus manfaatnya untuk menurunkan berat badan, menurut Laura Arndt, personal trainer bersertifikat NSCA yang juga merupakan CEO Matriac, aplikasi kesehatan dan kebugaran untuk ibu, jalan kaki cepat 30 menit berarti antara 3.000 hingga 5.000 langkah.

Arndt sendiri merekomendasikan agar kliennya menargetkan 10.000 langkah dalam sehari.Menurutnya seseorang dapat membakar 100 kalori dengan jalan kaki 10.000 langkah. Artinya, seseorang dapat membakar sekitar 500 kalori dari menyelesaikan 10.000 langkah penuh sehari.

Baca Juga: Risiko Stroke dan Kematian Dini Mengintip Mereka yang Suka Begadang

Hal senada diutarakan oleh ahli bedah bariatrik di Khalili Center Gregg Kai Nishi, MD, FACS, mengatakan, intensitas aktivitas fisik juga memainkan peran penting."Berjalan 10.000 langkah yang sangat lambat mungkin tidak cukup untuk benar-benar menghasilkan penurunan berat badan. Sebaliknya, berjalan sangat cepat, bahkan jika kurang dari 10.000 langkah, mungkin jauh lebih bermanfaat dalam hal penurunan berat badan," katanya, dilansir dari Antara (5/6/2022).Gregg juga mengatakan bahwa selain melihat jumlah langkah dalam sehari, bisa melakukan latihan otot.

Latihan otot bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, membakar kalori, dan membantu menurunkan berat badan.Dia pun mendorong untuk memulai atau melanjutkan rutinitas latihan otot minimal dua hari seminggu, termasuk angkat beban maupun aktivitas lainnya seperti yoga atau kelas bootcamp.

16 Manfaat Jalan Kaki 10.000 Langkah

Seperti dikutip dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular - Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2/05/2019), berikut manfaatnya jalan kaki 10.000 langkah:

* Mencegah Penyakit JantungMenurut Asosiasi Jantung Amerika, berjalan kaki sama efektifnya seperti berlari dalam hal pencegahan penyakit jantung dan stroke. Aktivitas ini membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta memperlancar sirkulasi darah.

Baca Juga: 5 Manfaat Tui Na, Pengobatan Tradisional Cina, Salah Satunya Perbaiki Kerusakan Tulang

* Menenangkan PikiranJika berjalan kaki bisa memperbaiki simtom depresi pada pasien yang menderita penyakit itu, bayangkan bagaimana besarnya dampak positif berjalan kaki jika orang hanya merasa suasana hati tidak senang atau lelah secara mental. Ini tentu bisa memperbaiki "bad mood.* Perubahan Positif pada OtakSebuah studi mengungkap, berjalan kaki membantu mencegah pikun, mengurangi risiko Alzheimer dan memperbaiki kesehatan mental. Ini juga mengurangi stres mental dan menjaga kadar endorfin tinggi dalam tubuh.* Memperbaiki PenglihatanMungkin kedengarannya aneh, mengingat mata tampak tidak berhubungan dengan kaki. Tapi berjalan juga memberi keuntungan bagi mata. Karena bisa membantu memerangi glaukoma, penyakit yang disebabkan cairan terkumpul di bagian depan mata dan meningkatkan tekanan atas syaraf penglihatan.* Menambah Volume Paru-paruBerjalan kaki adalah olah raga aerobik yang meningkatkan jumlah oksigen dalam peredaran darah dan membantu melatih paru-paru, selain dari menghilangkan racun hal lain yang harus dibuang. Karena orang bernafas lebih dalam dan lebih baik, penyakit paru-paru juga bisa diatasi.* Menambah Kekuatan Otot