Find Us On Social Media :

7 Pertanyaan Paling Umum Pil KB vs KB Suntik, Mana yang Paling Efektif?

Metode kontrasepsi pil KB dan KB suntik, efektivitasnya di atas 95%.

GridHEALTH.id - KB suntik (atau dikenal sebagai Depo-Provera) dan pil KB adalah bentuk kontrasepsi yang sangat efektif. Tetapi mereka memiliki perbedaan.Meskipun keduanya mengandung hormon yang mencegah ovulasi, pil KB harus diminum setiap hari, sedangkan suntikan dilakukan oleh ahli kesehatan setiap 3 bulan sekali.

Memutuskan antara pil KB dan KB suntik bergantung pada beberapa hal. Jika keefektifan adalah perhatian utama,  perhatikan bahwa kedua bentuk pengendalian kelahiran itu 99% efektif bila digunakan dengan sempurna.

Namun, dengan penggunaan biasa, suntikan sedikit lebih efektif pada 94% dibandingkan dengan pil 91%.Jika ingin mengutamakan kenyamanan, suntikan mungkin merupakan opsi yang lebih baik. Hanya perlu diberikan setiap 3 bulan sekali, sedangkan pil harus diminum setiap hari.Setiap jenis alat kontrasepsi juga memiliki sejumlah kemungkinan efek samping dan pertimbangan keamanan, yang dapat memengaruhi pilihan kita.Membahas pilihan kita dengan profesional kesehatan dapat membantu kita mempertimbangkan pro dan kontra. Semuanya bermuara pada apa yang tepat untuk kita dan gaya hidup kita.Untuk membantu memutuskan mana yang tepat untuk kita, berikut sejumlah pertanyaan paling umum mengenai dua jenis alat kontrasepsi tersebut, disarikan dari situs BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) dan GridHEALTH.id;

1. Seberapa efektif suntikan dan pil KB?

Baca Juga: Riset: Kondom dan IUD Metode Kontrasepsi Paling Disukai di Indonesia

Baca Juga: Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II di Usia 96 Tahun, Ini Tiga Makanan Favoritnya yang Bikin Panjang Umur

Bila digunakan dengan benar, menurut BKKBN suntikan kontrasepsi 99% efektif, artinya 1 dari 100 orang akan hamil meski melakukannya.

Jika kita tidak mendapatkan suntikan tepat waktu, efektivitasnya turun menjadi 94 persen, yang berarti 6 dari 100 orang akan hamil.Demikian pula, pil KB 99% efektif bila digunakan sesuai petunjuk. Tapi ini turun menjadi 91 % dengan penggunaan biasa atau tidak tepat sesuai petunjuk.

2. Apakah suntikan KB lebih baik daripada pil?Sama seperti pil KB, ada pro dan kontra untuk suntikan KB. Satu bentuk belum tentu lebih baik dari yang lain. Itu tergantung pada preferensi pribadi, kesehatan dasar penggunanya dan apa yang tepat untuk kitan gaya hidup kita.Jikatidak yakin bentuk kontrasepsi mana yang lebih baik untuk, bicarakan bidan, dokter, dan  profesional kesehatan dan pertimbangkan pilihan  sebelum membuat keputusan.

3. Apakah kita mendapatkan menstruasi dengan suntikan atau pil KB?Selama 1 hingga 6 bulan pertama mengambil suntikan KB, wanita mungkin akan mengalami menstruasi yang tidak teratur.

Saat tubuh  menyesuaikan, mungkin saja menstruasi akan menjadi lebih ringan dan lebih pendek, dan kemudian berhenti sama sekali setelah 1 tahun.

Baca Juga: Kenali Gejala 5 Jenis Kanker Teratas yang Sering Menyerang Wanita