Find Us On Social Media :

Kenali Gejala 5 Jenis Kanker Teratas yang Sering Menyerang Wanita

Kanker payudara menempati urutan teratas dalam lima jenis kanker sering diderita wanita.

 

GridHEALTH.id - Diagnosis kanker sering dikaitkan dengan riwayat kesehatan keluarga, pilihan gaya hidup, atau sesuatu di lingkungan.

Meskipun kita tidak dapat mengontrol riwayat keluarga atau seluruh lingkungan, kebiasaan gaya hidup sehat seperti diet yang baik, aktivitas fisik yang teratur, pengendalian berat badan, dan berhenti merokok jika cenderung menyala, semuanya ada dalam kendali..

“Faktor risiko bersifat individual, tetapi penting untuk mengetahui bahwa ada hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menurunkan risiko,” kata Daniel McFarland, DO, seorang ahli onkologi medis dengan layanan onkologi toraks di Memorial Sloan Kettering Cancer Center di New York City dan seorang instruktur di departemen kedokteran pusat.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lima urutan teratas kanker yang sering menyerang wanita

1. Kanker payudara

Kanker payudara diperkirakan mencapai 30% dari kasus kanker wanita dan 14% dari 282.500 kematian akibat kanker payudara. Peluang seorang wanita terkena kanker payudara adalah 1 dari 8.

Meskipun tidak ada satu cara pasti untuk mencegah kanker payudara,  dan banyak faktor risiko berada di luar kendali kita,  menyadari faktor risiko paling umum berikut dapat membantu kita mengatasi faktor-faktor yang berada dalam kendali .

Usia dua dari tiga wanita dengan kanker payudara invasif berusia 55 tahun atau lebih. Risiko kitaberlipat ganda jika ibu, saudara perempuan, atau anak perempuanmenderita kanker payudara.

2. Kanker paru-paru dan bronkus

Baca Juga: Tiga Jenis Kejadian Kanker Pada Wanita, Deteksi Dini Bisa Hindari Kematian

Baca Juga: Ngeri, Bahan Cairan dalam Rokok Elektrik Ada yang Bisa Merontokkan Paru-paru

Diperkirakan menjadi penyebab 12% penyebab kasus kanker wanita dan 25% kematian akibat kanker wanita pada tahun 2017. Peluang seorang wanita terkena kanker paru-paru adalah 1 dari 17.