Find Us On Social Media :

Ciri Vagina Sehat Antara Lain dari Baunya, Kenali Cara Merawatnya

ciri vagina sehat dan tidak

GridHEALTH.id - Menjaga kesehatan adalah hal yang penting untuk dilakukan, tidak terkecuali kesehatan reproduksi, khususnya seorang wanita dalam menjaga vaginanya.

Sebagai organ reproduksi, vagina memiliki peran penting sehingga wajib bagi wanita untuk mengetahui ciri dari vagina yang sehat dan cara merawatnya.

Vagina terletak berada di belakang uretra, selain menjadi tempat untuk berhubungan seksual, vagina juga memiliki fungsi sebagai penghubung antara rahim dan bagian luar, serta menjadi tempat keluarnya darah menstruasi dari tubuh.

Pengecekan rutin terhadap kondisi vagina, merupakan hal baik yang direkomendasikan kepada wanita dan berikut ini ciri dari vagina sehat dan tidak sehat yang dapat dikenali:

Vagina Sehat

- Berdasarkan bau: setiap vagina memiliki bau khasnya masing-masing dan bervariasi tergantung pada fase siklus menstruasi, maka ketahuilah bau khas dari vaginamu untuk mengenali jika ada yang tidak beres.

- Tingkat keputihan: dalam beberapa kondisi, keputihan adalah hal normal, di mana yang sehat berwarna bening/putih dan tidak berbau.

Tingkat keenceran dan kekentalan juga bervariasi, salah satunya bergantung pada fase siklus menstruasi.

- Tingkat keasaman (pH): lingkungan asam di sekitar vagina akan membantu bakteri baik menjaga sekitar vagina sehingga mencegah terjadinya infeksi, untuk vagina sehat memiliki pH 4,5 atau lebih rendah.

Baca Juga: Aneka Jenis Bau pada Vagina yang Harus Diketahui Wanita, Bau Amis Normal?

 Vagina Tidak Sehat

- Berdasarkan bau: berbeda dengan vagina sehat, bau vagina tidak sehat akan menjadi  tidak sedap saat terjadi infeksi (vaginitis), yang digambarkan dengan bau busuk atau amis.