Find Us On Social Media :

Gejala Dini Penyakit Jantung, Ini 7 Tanda yang Harus Diwaspadai

Merasa kelelahan terus menerus bahkan ketika tidak sedang beraktivitas bisa jadi tanda penyakit jantung.

GridHEALTH.id - Terkait dengan gaya hidup dan pola makan, penyakit jantung bisa muncul seiring waktu.

Tetapi, kita mungkin memiliki tanda atau gejala awal jauh sebelum memiliki masalah jantung yang serius.

Atau, kita mungkin tidak menyadari bahwa kita sedang mengembangkan penyakit jantung. Tanda-tanda peringatan penyakit jantung mungkin tidak jelas. Juga, tidak setiap orang memiliki gejala yang sama.

Gejala tertentu, seperti nyeri dada, pembengkakan pergelangan kaki, dan sesak napas mungkin merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang salah.

Mempelajari tanda-tanda peringatan dapat membantu kita segera mendapatkan perawatan dan membantu mencegah serangan jantung atau stroke.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, dan American Heart Association, inilah tujuh tanda gejala dini penyakit jantung yang harus diwaspadai.

1. Sakit dada

Nyeri dada adalah ketidaknyamanan atau rasa sakit yang dirasakan di sepanjang bagian depan tubuh, antara leher dan perut bagian atas. Ada banyak penyebab nyeri dada yang tidak ada hubungannya dengan jantung.

Tapi nyeri dada masih merupakan gejala paling umum dari aliran darah yang buruk ke jantung atau serangan jantung. Jenis nyeri dada ini disebut angina.

Baca Juga: Healthy Move, 3 Jenis Olahraga yang Meningkatkan Kesehatan Jantung

Baca Juga: Konsumen Perlu Tahu, Wadah Plastik PET dengan BPA, Mana yang Aman?

Nyeri dada dapat terjadi ketika jantung tidak mendapatkan cukup darah atau oksigen. Jumlah dan jenis rasa sakit dapat bervariasi dari orang ke orang. Intensitas rasa sakit tidak selalu berhubungan dengan seberapa parah masalahnya.