Find Us On Social Media :

Fungsi Ginjal Terancam Terganggu, Kenali 4 Tanda Tubuh Kelebihan Garam

Risiko konsumsi makanan asin berlebihan.

GridHEALTH.id - Penggunaan garam dalam makanan dapat menambah citarasa dan membuatnya menjadi lebih lezat.

Tapi, pemakaiannya juga perlu diperhatikan. Tidak hanya konsumsi gula berlebih saja yang membahayakan kesehatan, kelebihan garam pun juga.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) batasan konsumsi garam yakni 2.400mg sodium atau 1 sendok teh garam per hari.

“Natrium yang ditemukan dalam garam merupakan elektrolit penting yang dibutuhkan untuk kontraksi otot, impulsif saraf dan menyeimbangkan hidrasi dalam tubuh,” kata Amanda Meadows ahli diet klinis dikutip dari Houston Methodist, Rabu (15/6/2022).

“Ini membuat natrium menjadi mineral yang penting. Banyak orang makan lebih banyak garam daripada yang dibutuhkan tubuh dan seiring berjalannya waktu, ada konsekuensinya,” sambungnya.

Konsumsi garam berlebih dapat mengganggu fungsi ginjal. Protein dalam ginjal bertambah dan meningkatkan risiko gangguan ginjal hingga batu ginjal.

Tanda tubuh kelebihan garam

Nah, agar tidak terjadi masalah kesehatan akibat konsumsi garam berlebih, perhatikan tanda-tanda berikut ini dilansir dari Cleveland Clinic.

1. Perut kembung

Baca Juga: Kabar Baik Bagi Penyandang Hipertensi, Tak Perlu Menaruh Garam Pada Makanan, Sumpit Listrik Ini Akan Memberi Rasa Asin

Sodium menarik air. Jika terlalu banyak makan makanan asin, akan terjadi resistensi cairan.

Akibatnya, terjadi pembengkakan terutama di sekitar mata dan perut kembung. Bagian tubuh lain yang berisiko bengkak yakni tangan dan kaki.