Find Us On Social Media :

Ini Alasannya Mengapa Lemak Perut Berbahaya dan Cara Menghilangkannya

lemak perut lebih mungkin meningkatkan risiko untuk masalah medis yang serius.

 

GridHEALTH.id - Lemak perut atau lemak visceral adalah lemak yang membungkus organ perut jauh di dalam tubuh.

Kita tidak selalu dapat merasakan atau melihatnya. Bahkan, kitaamungkin memiliki perut yang cukup rata dan masih memiliki lemak visceral. Itu kadang-kadang disebut TOFI, atau "lemak luar yang tipis di dalam" (thin outside fat inside).Hanya pemindaian mahal yang dapat mengukur berapa banyak lemak perut yang bersembunyi di dalam perut. Tetapi kita tidak perlu melakukan ini karena ada metode yang jauh lebih sederhana.

Terlalu banyak lemak tubuh buruk bagi kesehatan. Tetapi dibandingkan dengan lemak yang terletak tepat di bawah kulit (lemak subkutan), jenis visceral atau lemak perut lebih mungkin meningkatkan risiko untuk masalah medis yang serius.

Penyakit jantung, Alzheimer, diabetes tipe 2, stroke, dan kolesterol tinggi adalah beberapa kondisi yang sangat terkait dengan terlalu banyak lemak di perut.Para peneliti menduga bahwa lemak visceral membuat lebih banyak protein tertentu yang menganggu jaringan dan organ tubuh serta mempersempit pembuluh darah. Itu bisa membuat tekanan darah aik dan menimbulkan masalah lain.

Ada cara sederhana untuk mengukur lemak perut;

Ukuran pinggang: Ini adalah cara mudah untuk mendapatkan perkiraan kasar. Lingkarkan pita pengukur di sekitar pinggang di atas pusar. 

Pada wanita, 88 sentimeter atau lebih adalah tanda lemak visceral. Pada pria, itu 102 sentimeter menandakan adanya lemak perut.

Baca Juga: Healthy Move, Membakar Lemak Perut dengan Latihan Menggantung Kaki

Baca Juga: Kopi dan Kolesterol, Espresso Buruk Untuk Pria, Wanita Hindari Kopi Tubruk

Body Mass Indeks : Indeks massa tubuh adalah formula untuk berapa banyak kilogram terhadap tinggi badan.

Kalkulator online dapat melakukan perhitungan untuk Anda. BMI 30 atau lebih tinggi adalah kelebihan berat badan. Itu bisa menjadi tanda lemak visceral.Rasio pinggul-ke-pinggang: Kita membagi ukuran pinggang dengan ukuran pinggul. Beberapa dokter berpikir bahwa angka tersebut memberikan gambaran yang baik tentang risiko lemak visceral.

Tetapi penelitian menunjukkan itu mungkin tidak lebih baik daripada pengukuran pinggang sederhana.Bentuk tubuh: Di mana tubuh cenderung menyimpan lemak dapat memberi petunjuk. Jika bentuk badan adalah apel, badan besar dan kaki lebih ramping, sering kali bisa berarti lebih banyak lemak visceral. Bentuk tubuh ini lebih umum di kalangan pria.