Find Us On Social Media :

Warna Kencing Bening Jangan Bangga Dulu, Itu Artinya Overhidrasi, Kasihan Ginjal dan Otak

Minum air sesuai kebutuhan, jangan kurang apalagi berlebihan.

GridHEALTH.id -Selama ini kita menganggap bahwa semakin bening kencing kita, berarti semakin baik kondisi kesehatan kita. Semakin banyak minum, semakin baik untuk kesehatan ginjal.

Ternyata anggapan ini salah. Menurut Nurse Rizal, perawat sekaligus

"Warna urine bening justru tanda OVER hidrasi. Normalnya justru kuning jernih ????," katanya menge-tuit.

Menurut Rizal, yang terpenting dari minum bukan sebanyak apa air yang kita minum, tetapi sebanyak apa air yang berhasil diserap oleh sel-sel tubuh kita.

"Terlalu bnyk minum bisa menguras elektrolit tubuh kamu lewat kencing dan itu bikin kamu kekurangan elektrolit. Akibatnya jd gampang kram, lemes. Kasian ginjal".

Rizal melanjutkan, bolak-balik ke toilet mengeluarkan air kencing bening, berarti elektrolit ikut dibuang sehingga kadarnya jadi rendah dan keseimbangannya terganggu.

"Kalau tetap minum banyak, keseimbangan cairan bisa keganggu juga dan itu bikin sel jadi bengkak. Kalau sel otak yang bengkak, bisa koma. Ini yang disebut keracunan air. Bahaya."

Keracunan air sebenarnya kejadian langka. Ini bisa terjadi kalau kita nekat minum sebanyak 3 liter air dalam waktu singkat. Katakanlah dalam waktu 30 sampai 60 menit.

Yang cukup sering terjadi, menurut Rizal, adalah kasus hiponatremia akibat natrium terbuang karena kebanyakan minum air. Otak bisa rusak karena kondisi ini.

Baca Juga: Urine Jernih Bukan Terhidrasi dengan Baik, Tapi Gangguan Penyakit

Baca Juga: Varian Delta vs Omicron BA.4 dan BA.5, Mana Lebih 'Jahat'? Kenali Gejala dan Risikonya

Dilansir dari Mayo Clinic, hiponatremia terjadi ketika konsentrasi natrium dalam darah rendah secara tidak normal.