Find Us On Social Media :

Melewatkan Makan Malam Membuat Kita Bertambah Berat Badan, Studi

Melewatkan makan malam bisa membuat gemuk.

GridHEALTH.id - Para peneliti dari Universitas Osaka 2018 menyimpulkan bahwa melewatkan malam adalah kondisi yang membuat kita bertambah berat, dan kelebihan berat badan atau obesitas.

Mereka yang melewatkan makan malam sepanjang waktu atau kadang-kadang cenderung lebih tua, lebih kelebihan berat badan, perokok atau peminum, dan tidur untuk jangka waktu yang lebih singkat.

Sebuah studi skala besar baru menunjukkan bahwa melewatkan makan malam dapat menyebabkan penambahan berat badan dan kemungkinan kelebihan berat badan yang lebih tinggi, menjadi gendut dan obesitas.

Selama bertahun-tahun, penelitian telah menghubungkan melewatkan sarapan dengan peningkatan BMI (indeks massa tubuh), tetapi beberapa penelitian telah dilakukan tentang efek dari makanan lain hari itu.

Namun, para peneliti di Universitas Osaka, yang studinya menilai kebiasaan sarapan, makan siang, dan makan malam, menyimpulkan bahwa tidak makan malam adalah "prediktor signifikan kenaikan berat badan dan kelebihan berat badan/obesitas."

Penelitian ini diikuti oleh 17.573 siswa laki-laki dan 8.860 siswa perempuan di atas usia 18 tahun yang terdaftar di Universitas Osaka selama rata-rata tiga tahun.

Sebagai bagian dari pemeriksaan tahunan mereka, para siswa ditanya seberapa sering mereka sarapan, makan siang, dan makan malam.

Para peneliti juga mempertimbangkan waktu makan, apakah kebiasaan makan partisipan berubah selama penelitian, dan faktor gaya hidup seperti tidur, merokok, dan minum.

Peneliti juga menemukan, siswa yang sering melewatkan makan malam tampak lebih tua, berat badan, perokok atau peminum,  dan tidur malam dalam waktu yang lebih singkat.

Baca Juga: Ini Dia, 9 Keuntungan Makan Malam Lebih Awal Bagi Kesehatan

Baca Juga: 3 Pengobatan Rumahan, Facial Hidrasi Untuk Kulit Wajah Sangat Kering

Untuk pria dan wanita, melewatkan makan siang lebih mungkin bertepatan dengan semua hasil yang sama kecuali memiliki BMI yang lebih tinggi.