Find Us On Social Media :

Jangan Takut, Makan Daging Kambing Tidak Menyebabkan Darah Tinggi

Tak perlu khawatir, daging kambing tidak menyebabkan darah tinggi .

GridHEALTH.id - Sudah banyak kepercayaan tertanam di masyarakat kita bahwa semua daging merah, tidak baik untuk jantung dan tekanan darah. Contohnya, makan daging kambing tidak menyebabkan darah tinggi.

Daging merah yang paling banyak dikonsumsi di negara kita adalah yang disebut daging kambing, yang notabene bukan satu jenis daging.

Baik daging kambing maupun daging domba disebut ‘mutton’, dan tidak banyak orang yang tahu persis daging mana yang mereka beli sebagai daging kambing.

Secara nutrisi daging kambing jauh lebih baik daripada daging domba. Daging kambing ebih rendah kalori, lemak total, lemak jenuh, dan kolesterol daripada tidak hanya daging domba, babi dan sapi, tetapi juga daging ayam.

Hal ini membuat daging kambing menjadi daging merah yang lebih sehat, bahkan lebih baik dari daging ayam.

Satu porsi 100 gram daging kambing yang dimasak mengandung sekitar 142 kalori dibandingkan dengan ayam 185, daging sapi 207, babi 209 dan domba 205 kalori per 100 gram.

Daging kambing memiliki 3 gram lemak total, 0,93 gram lemak jenuh, 75 mg kolesterol dan 27 gram protein per 100 gram sajian.

Daging ayam memiliki 4 gram lemak total, 1 gram lemak jenuh, 85 mg kolesterol dan 31 gram protein per 100 gram.

Semua daging lainnya bahkan lebih buruk dibandingkan dengan daging kambing.

Baca Juga: Susu Kambing Mulai Populer, Lebih Sehat Mana dengan Susu Sapi?

Baca Juga: Golongan Obat Statin Paling Banyak Diresepkan Untuk Pasien dengan Kolesterol Tinggi, Simak Cara Kerja dan Efek Sampingnya

Selain itu, daging kambing memiliki kadar zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging lainnya.