Find Us On Social Media :

Penyandang Diabetes, Coba Lakukan 3 Hal Ini Untuk Atasi Sering Buang Air Kecil

Penyandang diabetes dapat lakukan ini untuk mengatasi sering buang air kecil.

GridHEALTH.id - Penyandang diabetes tentu sering mengalami keinginan untuk terus buang air kecil yang merupakan gejala awal dari penyakit diabetes, coba lakukan tiga hal ini untuk mengatasinya.

Diabetes adalah penyakit dengan kondisi tubuh yang dipenuhi oleh gula di dalam darah, sehingga tubuh kesulitan untuk menciptakan atau menggunakan insulin, hormon yang menarik glukosa atau gula ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi.

Akibatnya akan berdampak pada fungsi ginjal dalam memproses gula tersebut, sehingga inilah yang menyebabkan banyak dari penyandang diabetes selalu ingin buang air kecil dan berlanjut pada dehidrasi.

Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sering buang air kecil pada penyandang diabetes.

1. Modifikasi makanan

Mengubah kebiasaan makan dan memodifikasi menu makanan dapat membantu seorang penderita diabetes dapat mengendalikan kondisi ini, seperti mengganti dengan banyak serat untuk mencegah sembelit.

Penyandang diabetes juga diminta untuk menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, alkohol, minuman berkarbonasi, makanan yang terbuat dari cokelat dan tomat karena dapat mengiritasi kandung kemih, dan makanan pedas.

2. Atur jadwal minum

Dengan mengatur jadwal minum akan membantu tubuh untuk tidak terus merangsang rasa ingin buang air kecil.

Baca Juga: Hati-hati Terkena Diabetes, Jika Sering Melewatkan Jam Makan

 Hindari tidak minum air terlalu banyak sebelum waktu tidur malam juga dapat membantu mengurangi intensitas penderita diabetes untuk ingin buang air kecil.

Karena minum air terlalu banyak di waktu yang tidak tepat akan merangsang rasa ingin buang air kecil sepanjang malam dan akhirnya memaksa pasien diabetes terbangun di malam hari.