Find Us On Social Media :

Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan, Membantu Mengatasi Penyakit Kulit hingga Gangguan Ginjal

Tanaman kumis kucing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

GridHEALTH.id - Tanaman kumis kucing memiliki nama latin orthosiphon aristatus dan mempunyai berbagai manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Berasal dari Asia Tenggara, Afrika, dan Australia, tanaman kumis kucing ini secara umum berbentuk luas lonjong, terkompresi, dan berkerut.

Tanaman kumis kucing merupakan semak herbal yang tumbuh dengan tinggi 1-2 meter, daun berwarna hijau tua dengan panjang 5-10 cm, sedikit mengkilap, bunga berkisar berwarna putih, ungu muda, atau merah muda.

Tanaman kumis kucing memiliki nama yang berbeda-beda di setiap negara, seperti kumis kucing di Indonesia, misai kucing di Malaysia, cat's whiskers di Inggris, dan mao xu cao di Cina.

Tanaman ini juga sangat cocok tumbuh dan berkembang di bawah sinar matahari dan iklim tropis dengan tanah yang dikeringkan dengan baik, organik tinggi yang dapat menahan kelembapan, pH netral hingga sedikit basa.

Memanfaatkan kumis kucing sebagai tanaman herbal hanya bisa diolah dan dikonsumsi dari daunnya, yang dijadikan dalam bentuk daun kering, ekstrak, tablet, kapsul, dan teh sachet.

Beberapa manfaat kesehatan yang dimiliki dari tanamn kumis kucing, antara lain:

- Membantu mengatasi masalah pernapasan, seperti asma dan napas pendek yang diminum bersama dengan obat lain yang memiliki fungsi sama.

Baca Juga: Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

 - Mengatai tekanan darah tinggi, karena kumis kucing memiliki tindakan anti-oksidan dan anti-inflamasi, dan kandungan kimia methylripariochromene.

- Mengobati masalah saraf, namun dosis penggunaan perlu diperhatikan.

- Anti jamur dan bakteri, kandungan senyawa di dalamnya membantu mencegah pertumbuhan parasit dan inang asing dalam tubuh dengan memotong rantai pasokan nutrisi bakal jamur.