Find Us On Social Media :

9 Titik Pijat untuk Redakan Nyeri Ulu Hati alias Epigastrium

Kenali nyeri ulu hati dan titik-titik akupuntur yang direkomendasikan TCM.

GridHEALTH.id - Nyeri pada ulu hati biasa dikenal juga dengan nyeri epigastrium dan sering menjadi masalah umum yang biasa ditemui di klinik gastroenterologi atau unit gawat darurat dan dalam pengobatan TCM.

Kebanyakan orang sering menyangka itu adalah akibat dari masalah perut, dan tidak menindaklanjuti penyakit tersebut, hingga menjadi kronis.

Untuk itulah perlu mengetahui titik pijat untuk meredakan nyeri di ulu hati atau epigastrium ini, dan cara memijatnya.

Sakit nyeri ulu hati yang dirasakan memiliki begitu banyak kemungkinan dan penyebab yang mempengaruhi, serta bisa menjadi gejala dari berbagai sakit di perut.

Jadi, jika sakit perut pada bagian atas ini dalam waktu singkat tidak juga membaik atau reda, ada baiknya segera konsultasi kepada dokter untuk meredakan rasa nyeri dan mengetahui penyebab pasti dari sakit ini.

Titik Pijat Nyeri Ulu Hati

Titik nyeri ulu hati atau epigastrium biasanya terletak di bagian atas perut, nyeri ini bisa diredakan salah satunya dengan menggunakan terapi akupuntur berdasarkan prinsip dari Traditional Chines Medicine (TCM).

Dengan menggunakan ibu jari kemudian memijat-mijat dipercaya dapat meredakan rasa nyeri pada ulu hati, untuk mengembalikan keseimbangan dalam tubuh.

Berikut ini beberapa titik akupuntur yang secara efektif dapat meredakan nyeri di ulu hati dan masalah perut lainnya:

Baca Juga: Pengobatan Tradisional Cina, Pijat Bagian Ini Untuk Meredakan Demam

1. Union Valley (LI-04) - titik ini terletak diantara ibu jari dan jari telunjuk, yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi usus secara keseluruhan, mengurangi sakit perut, meredakan diare dan sembelit, bahkan untuk melawan disentri.

2. Inner Gate (PC-6) - titik ini kira-kira terletak tiga jari di atas lipatan pergelangan atas sisi dalam lengan, bisa pijat titik ini dengan ibu jari untuk meredakan sakit perut, gangguan pencernaan, mual, muntah, bahkan untuk mengurangi kecemasan.