Find Us On Social Media :

Cegah Sejak Dini, Ini 6 Gejala Kanker Payudara Tidak Boleh Diabaikan

Mengetahui gejala kanker payudara sejak dini membantu pengobatan lebih cepat.

GridHEALTH.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, kanker payudara adalah kanker yang paling banyak diderita oleh wanita. Meskipun pria berisiko kena, namun angka penderitanya lebih banyak pada wanita.

Angka ini menyebar, tidak hanya di perkotaan, tetapi pedesaan tidak jauh tertinggal dengan angka yang terus meningkat, statistik ini terutama berlaku bagi mereka yang tinggal di kota.

Perlu diingat bahwa angka ini tidak hanya statistik dan beranggapan kanker payudara tidak akan pernah terjadi pada kita. 

Hal-hal seperti gaya hidup yang tidak sehat, stres, kebiasaan makan yang tidak seimbang, jam tidur yang tidak teratur, awal menarche (menstruasi), menopause terlambat dan kehamilan terlambat (di atas usia 30-an) membuat kita lebih rentan menderita kanker ini.

Dikutip dari American Cancer Society, kanker payudara paling baik diobati pada tahap awal, oleh karena itu deteksi, diagnosis, dan pencegahan menjadi jauh lebih penting.

Berikut adalah 6 gejala kanker payudara yang harus diketahui setiap wanita;

Gejala #1:  Ada benjolan

Jika kita melihat ada benjolan atau simpul yang keras, yang biasanya tidak menimbulkan rasa sakit di payudara  (salah satu atau keduanya), maka inilah saatnya untuk melakukan mamografi.

Menemukan benjolan memang membutuhkan sedikit usaha, dan melakukan pemeriksaan payudara sendiri secara teratur sangat penting untuk mendeteksi gejala ini lebih awal.

Baca Juga: Pemeriksaan BRCA 1/2 Germline Seperti Dilakukan Angelina Jolie Mampu Deteksi Mutasi Gen Terkait Risiko Kanker Payudara

Baca Juga: Kabar Baik Bagi Penyandang Hipertensi, Tak Perlu Menaruh Garam Pada Makanan, Sumpit Listrik Ini Akan Memberi Rasa Asin

Gejala #2: Sedikit mengerasKadang-kadang, kita mungkin tidak dapat membedakan benjolan yang dipotong dengan jelas, tetapi rasa 'kental' ada di sana. Dan rasa ini berbeda dibandingkan dengan area yang sama pada payudara yang berlawanan.