Find Us On Social Media :

Ria Ricis Alami Diabetes Gestasional, Bisa Berlanjut Menjadi DM Tipe 2?

Kadar gula darah Ria Ricis melebihi batas normal saat hamil. Mengalami diabetes gestasional.

GridHEALTH.id - Usia kandungan Ria Ricis sudah memasuki 8 bulan, yang artinya momen kelahiran sang buah hati semakin dekat.

Namun, ada kabar kurang mengenakkan mengenai kondisi kesehatan YouTuber yang terkenal dengan video slime pada awal kariernya.

Di trimester ketiga ini, Ria Ricis mengabarkan bahwa dirinya mengidap diabetes gestasional atau dikenal diabetes kehamilan.

Dalam video yang diunggah pada Sabtu (18/6/2022), Ria Ricis melakukan pemeriksaan kehamilan dan diketahui kalau kadar gula darahnya cukup tinggi.

"Gula darah puasa maksimal di 96, kamu cuma 82. Tapi yang setelah dikasih gula, harusnya 1 jam maksimalnya 180, kamu 214," kata dokter kandungan yang memeriksa Ria Ricis.

Selain itu, menurut dokter kandungan, kadar gula darah Ria Ricis setelah mengkonsumsi gula dua jam setelahnya juga terbilang tinggi.

Seharusnya kadar gula darahnya tidak lebih dari 154, tapi milik Ria Ricis 158.

"Jadi ada dua marker agak tinggi gulanya. Ini yang kita sebut dengan sakit gula dalam kehamilan (diabetes gestasional)," sambungnya.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa beberapa ibu hamil memang berisiko terkena diabetes saat mengandung. Apa yang menyebabkan diabetes gestasional?

Baca Juga: Bayi dari Ibu dengan Diabetes Berisiko Mempunyai Gangguan Kesehatan, Studi

Melansir Diabetes.co.uk, diabetes gestasional sangat umum terjadi saat usia kandungan memasuki trimester ketiga, antara 24 hingga 28 minggu.

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan dan pertumbuhan janin, kebutuhan insulin ibu hamil meningkat dua hingga tiga kali dari kondisi normal.