Find Us On Social Media :

Badan Terasa Pegal? Ini Penyebab dan Cara Penanganannya

Badan terasa pegal, bisa jadi disebabkan oleh enam penyebab yang mendasarinya, kenalilah cara penanganan yang tepat.

GridHEALTH.id - Badan terasa pegal dapat dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak kecil, namun tidak perlu khawatir karena pegal linu dapat diobati tanpa penanganan medis yang serius.

Akan tetapi, tetap harus waspada karena badan pegal atau sakit pada otot dan tulang bisa menjadi salah satu tanda dari penyakit yang mendasarinya.

Terdapat berbagai penyebab dan cara penanganan yang dapat dilakukan dari permasalahan badan terasa pegal ini, kenalilah beberapa diantaranya.

Berikut ini beberapa penyebab dari badan terasa pegal, yaitu:

1. Stres

Saat seseorang stres, maka tubuh akan bekerja lebih keras untuk melawannya, maka tidak heran jika seseorang yang sedang sakit ditambah dengan stres akan merasakan pegal linu di tubuh sehingga terhindar dari inflamasi dan infeksi.

Beberapa tanda seseorang mengalami pegal linu karena stres adalah sakit kepala, tekanan darah tinggi, sakit pada dada, peningkatan denyut jantung, sesak napas, dan gemetar.

Untuk mengurangi rasa pegal di badan akibat stres, bisa dengan belajar teknik relaksasi dan jika memungkinkan keluarlah dari kondisi stres itu sendiri.

2. Kekurangan asupan nutrisi baik

Baca Juga: Badan Ngilu dan Pegal-pegal Saat Bangun Tidur? Ini 5 Penyebabnya

Memastikan badan mendapati asupan nutrisi yang baik dan sesuai akan menghindari dari kondisi badan pegal linu.

Dalam hal ini vitamin D yang memiliki peran penting dalam memastikan otot berfungsi baik dan membantu penyerapan kalsium, di mana saat kekurangan vitamin D bisa menyebabkan hipokalsemia (kondisi kadar kalsium darah rendah, sehingga berpengaruh pada tulang dan organ selain otot).