Find Us On Social Media :

Pijat 6 Titik Ini Untuk Redakan Masalah Susah BAB alias Sembelit

Pijat enam titik ini untuk mengatasi susah BAB atau sembelit sesuai rekomendasi TCM.

GridHEALTH.id - Susah buang air besar (BAB) atau sembelit adalah hal umum yang sesekali menyerang manusia.

Susah BAB atau sembelit biasa dikenal dengan istilah medis konstipasi, yang bisa dikurangi dengan pengobatan alami, seperti memijat titik tertentu dari tubuh sesuai dengan arahan praktisi TCM.

Dalam TCM, dikenal dengan konsep di mana tubuh memiliki energi vital yang disebut Qi dan mengalir melalui saluran tubuh yang disebut meridian, yang terhubung ke jaringan dan organ tubuh.

Para praktisi TCM percaya pentingnya mempertahankan keseimbangan Qi untuk menjaga kesehatan, sehingga jika terjadi susah BAB atau sembelit dikarenakan kurangnya keseimbangan dalam tubuh dan dipengaruhi oleh kondisi lain seperti dehidrasi, stres, konsumsi obat tertentu, atau kondisi medis lainnya.

Maka, dengan memijat titik tertentu pada bagian tubuh dapat membantu mendukung pencernaan dan mendorong seseorang kembali buang air besar dengan lancar.

Terdapat 2.000 titik pijat versi TCM. Kesemuanya mempunyai fungsi dan manfaat masing-masing, dan untuk masalah kesehatan apa.

Nah, berikut letak dari titik-titik pijat untuk mengatasi susah BAB dan sembelit:

1. San Jiao 6 (SJ6)

Titik ini berada selebar tiga jari dari lipatan pergelangan tangan sisi luat lengan, dan biasa digunakan untuk meredakan sembelit karena merangsang bagian bawah tubuh, yang meliputi usus besar dan kecil, ginjal, dan kandung kemih.

Tekan titik ini dengan ibu jari atau jari telunjuk tangan sebelah dan berikan tekanan melingkar selama 1-3 menit, kemudian ulangi pada lengan satunya.

Baca Juga: Pijat 4 Bagian Tubuh Ini untuk Atasi Sembelit, BAB Jadi Lancar

2. Stomach 25 (ST25)