Find Us On Social Media :

Healthy Move, 2 Peregangan Untuk Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Child pose yang dilakukan untuk ibu hamil.

GridHEALTH.id - Membawa beban lebih dari biasanya di bagian tengah tubuh  dapat membuat punggung stres dan menyebabkan rasa sakit, nyeri otot, dan ketegangan.

Melakukan peregangan punggung bawah dapat membantu meringankan tekanan dan ketidaknyamanan selama semua tahap kehamilan.Menurut University of Rochester Medical Center, di Rochester AS, saat kehamilan berlanjut, tubuh melepaskan hormon progesteron dan relaksin.

Hormon-hormon ini menyebabkan pinggul melebar dan ligamen panggul mengendur, menggeser pusat gravitasi tubuh.

Saat pusat gravitasi bergeser, postur tubuh kembali normal. Pergeseran sikap ini dapat menyebabkan nyeri saraf yang serupa dengan yang dialami oleh penderita linu panggul akibat terjepitnya saraf linu panggul.

Walnut Hill Obstetrics and Gynecology Associates yang berkedudukan di Texas Health Presbyterian Hospital di Dallas, AS menggambarkan nyeri saraf skiatik sebagai rasa sakit yang tajam di kaki, bokong, atau punggung bawah.

Sementara wanita hamil yang mengalami nyeri saraf sciatic sering salah didiagnosis dengan sciatica, gejalanya biasanya bersifat sementara dan akan menghilang setelah kehamilan selesai.Sakit punggung dapat meningkat setelah duduk untuk waktu yang lama, tidur dalam posisi yang canggung, atau terlalu memaksakan tubuh selama berolahraga atau aktivitas sehari-hari.

Untungnya, melakukan peregangan punggung bawah dapat membantu kita merasakan yang terbaik selama kehamilan. Berikut gerakannya yang diambil dari gerakan yoga;

Baca Juga: Trimester Pertama, Ibu Hamil Tidak Disarankan Bepergian Karena Alasan Ini

Baca Juga: 10 Pertanyaan Diabetes Pada Anak yang Sering Ditanyakan Orangtua

1. Child PoseExtended Child's Pose bisa menjadi peregangan yang bagus selama kehamilan. The Spine Correction Center di Fort Collins, AS menyarankan penggunaan Extended Child's Pose untuk meredakan nyeri punggung bawah selama kehamilan.

Untuk melakukan pose, letakkan tangan dan lutut di lantai. Tangan harus selebar bahu, dengan lutut terpisah dengan nyaman.

Geser tangan ke depan, bawa perut ke lantai saat  meregangkan tubuh ke posisi panjang yang nyaman. Perdalam peregangan dengan menjangkau ujung jari ke depan. Peregangan ini harus terasa nyaman setiap saat.