Find Us On Social Media :

Harapan Hidup Setelah Serangan Stroke, Berapa Lama? Ini Kata Pakar

Harapan hidup setelah serangan stroke bisa diprediksi.

GridHEALTH.id - Stroke terus menjadi salah satu dari tiga penyebab utama kematian, secara global.

Di antara mereka yang bertahan hidup, tidak hanya rehabilitasi total yang dilakukan seumur hidup, fakta yang menyedihkan adalah bahwa harapan hidup total para penyintas juga dapat terpengaruh.

Sebuah penelitian di Denmark pada tahun 2018 yang dikoordinir oleh Medicover Hospital ada di Kopenhagen, yang dilakukan pada lebih dari 5000 pasien menemukan bahwa kemungkinan kematian di antara penyintas stroke dalam satu tahun terakhir adalah 5 kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak pernah menderita stroke.

Bahkan pada mereka yang telah menderita stroke lebih dari setahun yang lalu, kemungkinan kematian tetap dua kali lebih tinggi daripada mereka yang tidak terkena.

Studi lain menemukan bahwa 36% pasien tidak bertahan hidup setelah bulan pertama. Dari sisanya, 60% pasien yang menderita stroke iskemik bertahan satu tahun, tetapi hanya 31% yang berhasil melewati tanda lima tahun.

Angka-angka ini masing-masing mencapai 38% dan 24% untuk pasien yang menderita perdarahan intraserebral, ini menunjukkan bahwa tingkat kelangsungan hidup jangka panjang dari perdarahan intraserebral lebih baik daripada stroke iskemik.

Studi ini juga menemukan bahwa pasien yang lebih muda memiliki kemungkinan bertahan hidup yang lebih tinggi, dengan mereka yang berusia di bawah 50 tahun memiliki tingkat kelangsungan hidup 57%, dibandingkan dengan tingkat kelangsungan hidup 9% dari mereka yang berusia di atas 70%. Pada akhir penelitian, lebih dari 70% pasien telah berpulang.

Dan studi lain yang dilakukan secara independen dari yang disebutkan di atas mengungkapkan hasil yang serupa.

Studi ini menemukan bahwa sekitar 37% pasien meninggal dalam waktu tiga minggu setelah menderita stroke. 64% pasien meninggal pada akhir tahun ketiga, 72% meninggal pada akhir tahun kelima, dan 77% pasien meninggal pada akhir tahun ketujuh.

Baca Juga: Gejala Umum Stroke dan Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan

Baca Juga: Respons Imunitas Tubuh Yang Buruk Mengganggu Penyembuhan Luka Diabetes, Studi

Studi tentang tingkat kelangsungan hidup jangka panjang di antara populasi yang lebih muda juga dilihat.