Find Us On Social Media :

4 Cara Menyembelih Hewan Kurban yang Benar, Berdampak ke Kesehatan Manusia

Penting memerhatikan syarat menyembelih hewan kurban demi kesehatan.

GridHEALTH.id - Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha berlangsung di tengah wabah Penyakit Kaki dan Mulut (PMK).

Penyakit tersebut, telah menyebabkan ribuan ekor sapi jatuh sakit karena terinfeki oleh penyakit PMK.

Meski begitu, masyarakat masih tetap bisa menyembelih hewan kurban seperti yang dilakukan pada perayaan Idul Adha sebelumnya.

Dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE 10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelanggarana Salat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi, telah mengatur tentang prosesi kurban.

PMK bukan merupakan penyakit zoonosis, sehingga hewan ternak yang terinfeksi tidak akan menularkannya secara langsung kepada manusia.

Lagipula, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah memastikan bahwa hewan kurban yang disembelih dalam keadaan sehat dan tidak terinfeksi PMK.

Akan tetapi, tetap perlu perhatian lebih dalam cara menyembelih hewan kurban, karena dapat berdampak pada kualitas daging dan kesehatan manusia.

Dilansir dari fapet.ugm.ac.id (3/7/2020), Ir Nanung danar Dono, S.Pt, M.P., dosen Fakultas Peternakan UGM membagikan cara menyembelih sapi, kambing, dan domba yang benar.

1. Siapkan seluruh peralatan yang akan digunakan untuk menyembelih, seperti pisau yang sudah diasah hingga sangat tajam.

Baca Juga: Tips Menyimpan Daging Kambing Agar Tetap Awet, Jangan Langsung Dicuci

2. Pastikan lagi kondisi kesehatan hewan kurban.

3. Jangan beri makan atau biarkan ternak berpuasa sebelum disembelih, agar lebih mudah ditangani. Maksimal dilakukan 12 jam sebelum penyembelihan, tapi tetap diberikan air minum.