Find Us On Social Media :

5 Ciri Anak Obesitas dan Bahaya Kesehatan yang Menghantuinya

Obesitas pada anak berisiko menyebabkan penyakit kronis dan komplikasi serius. ini 5 ciri anak obesitas.

GridHEALTH.id - Anggapan mempunyai anak bertubuh gemuk dan sehat, masih dimiliki oleh banyak orangtua.

Padahal, tubuh gemuk seorang anak lambat laun dapat menjadi ancaman bagi kesehatan mereka.

Obesita menjadi salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada anak gemuk. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2019, mencatat ada 38,2 juta anak mengalami obesitas di dunia.

Tak hanya terjadi di negara maju, kasus obesitas pada anak juga ditemukan di negara berkembang dan negara berpenghasilan rendah.

Dokter Spesialis Anak dokter Martinus M. Leman, DTMH, SpA menyebutkan, seorang anak dikatakan mengalami obesitas jika berat badan dan tinggi badannya berada di garis positif tiga kurva yang telah ditetapkan oleh WHO pada 2006.

"Jadi ada kurva yang dibuat oleh WHO untuk mengukur berat badan dan tinggi badan. Ketika kita plot tinggi dan berat badan, kita akan menemukan berapa berat badan ideal seseorang berdasarkan tinggi badannya. Disesuaikan juga dengan usia," kata dokter Martin kepada GridHEALTH, Rabu (6/7/2022).

Selain berdasarkan tinggi dan berat badan, obesitas pada anak juga dilihat dari indeks massa tubuh.

"Bisa juga mengukur indeks massa tubuh pada anak. Kalau di bawah 5 tahun di atas atau sama dengan kurva positif 3 pada kurva WHO. Dan kalau di atas 5 tahun, menggunakan batas lebih dari positif 2 simpang baku pada kurva WHO," jelas dokter yang berpraktik di RS Siloam TB Simatupang.

Ciri-ciri anak obesitas

Baca Juga: Pola Asuh Strict Parents dan Dampak Negatif Bagi Kesehatan Anak

Lantas, apakah obesitas pada anak dapat dilihat melalui ciri-ciri fisiknya? Ia mengatakan, bahwa masyarakat awam pun bisa mengenali kondisi anak yang obesitas.

Adapun anak-anak dengan bobot badan berlebih, mempunyai ciri seperti berikut ini.