Find Us On Social Media :

Healthy Move, Tambahkan Latihan Hip Bridges Setiap Hari Untuk Postur Tubuh Ideal

Hip bridge untuk mengencangkan otot perut dan bokong demi postur tubuh ideal.

GridHEALTH.id - Untuk latihan kekuatan otot punggung dan bokong, mungkin kita akrab dengan istilah sguat, deadlift dan variasi lunge yang berbeda.Tapi pembakar bagian belakang itu bukan satu-satunya latihan yang layak ditambahkan ke rutinitas.

Jika mencari latihan mengencangkan bokong yang agak lembut namun memberikan hasil memuaskan hip bridges akan berhasil.

Latihan yang dilakukan sambil berbaring ini bisa ditambahkan ke rutinitas yoga, pemanasan (karenanya kelembutan), atau latihan kekuatan (karenanya potensi pembakaran kalorinya)Faktanya, fleksibilitas latihan adalah salah satu manfaat terbesar dari hip bridges. Gerakan ini memungkinkan kita untuk meregangkan otot kaki dan membangun beberapa kelompok otot lainnya secara bersamaan.

Di luar ototgluteal,  hip bridge juga melatih perut dan obliques, hip abductors, hamstrings, dan quadriceps.

Selain memperkuat otot, gerakan sederhana ini meningkatkan stabilitas inti, memperbaiki postur, memperkuat jaringan ikat dan sendi, dan mengurangi risiko cedera.

Satu studi tahun 2015 berbagi bahwa latihan hip bridge yang berfokus pada kekuatan inti bahkan dapat membantu meringankan nyeri punggung bawah, karena gerakan ini meningkatkan stabilitas otot batang dalam.

Hip bridge cukup mudah untuk dilakukan. Untuk memulai, kita membutuhkan ruang terbuka di lantai.

Baca Juga: Healthy Move, Aneka Latihan Terbaik Untuk Mengatasi Nyeri Panggul

Baca Juga: Kemenhub Terbitkan Syarat Perjalanan Dalam dan Luar Negeri, Yang Belum Booster Wajib Tunjukkan Hasil Tes Negatif PCR

Bagi mereka yang menginginkan permukaan yang lebih lembut, gunakan matras atau handuk yoga, atau lakukan latihan di atas karpet.

Selanjutnya, berbaring telentang, menekuk lutut sampai kaki rata di lantai dan tepat di bawah lutut.

Kencangkan otot inti dan pantat,  lalu angkat pinggul ke atas, buat garis lurus antara bahu dan lutut. Tahan selama 20 hingga 30 detik, lalu lepaskan kembali.Setelah merasa yakin dengan teknik dasar jembatan pinggul, ada banyak variasi lain yang bisa dicoba.