Find Us On Social Media :

Ciri Daging Beku dari Freezer yang Masih dan Tidak Layak Konsumsi

Kenali ciri daging beku dari freezer yang masih layak dan tidak layak konsumsi.

GridHEALTH.id - Membekukan daging adalah salah satu cara untuk mengawetkan daging agar lebih tahan lama dan menahan proses pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan di dalamnya.

Tidak hanya daging beku, hampir semua jenis makanan dapat dibekukan, kecuali makanan dalam kaleng dan telur yang masih di dalam cangkang dan semua makanan yang dibekukan secara konstan di dalam suhu sekitar -17 derajat celcius akan selalu aman.

Namun, kualitas dari makanan termasuk daging beku ini yang jika terlalu lama di simpan dalam freezer akan mengalami penurunan, maka tetaplah perhatikan ciri daging beku dari freezer yang masih dan sudah tidak layak konsumsi.

Daging beku dari freezer jika tidak disimpan dengan benar akan sama seperti produk hewani lainnya, mudah busuk dan terkontaminasi bakteri, karena membekukan daging di freezer juga memiliki masa kedaluwarsa.

Tidak menutup kemungkinan daging beku yang masih di dalam freezer pun sudah tidak layak konsumsi, maka sebelum diolah alangkah lebih baik mengenali ciri daging beku dari freezer yang masih dan sudah tidak layak konsumsi.

Ciri daging beku dari freezer yang layak konsumsi

1. Tekstur daging padat - saat daging beku dari freezer sudah mulai mencair, dapat langsung diuji apakah daging beku ini masih layak konsumsi melalui teksturnya.

Daging beku yang masih layak konsumsi saat ditekan memiliki tekstur yang padat dan kenyal, sedangkan daging beku yang tidak layak dikonsumsi akan terasa lembek dan mudah hancur.

2. Tidak memunculkan bau bahkan aromanya segar - daging beku dari freezer mungkin masih sulit untuk tercium aromanya, namun saat sudah mulai mencair daging yang masih layak konsumsi akan lebih terasa segar dan tidak menimbulkan bau yang menyengat.

Baca Juga: Cara Mengolah Daging Beku dari Freezer, Bisa Dicairkan atau Langsung Dimasak?

 3. Warna daging segar - daging beku dari freezer yang masih terlihat berwarna mengilat menandakan daging ini masih segar berwarna merah cerah dan layak konsumsi, berbeda dengan daging tidak layak konsumsi akan terlihat pucat, kebiruan, atau kehijauan.

4. Daging tidak berlendir - daging beku dari freezer yang masih layak konsumsi akan terlihat juga saat telah mencair tidak ada cairan ataupun lendir saat dipegang teksturnya.