Find Us On Social Media :

Membeli Obat Asam Lambung yang Dijual Bebas, Perhatikan Cara Mengonsumsinya

Obat asam lambung yang dijual bebas bisa mengatasi gejala tak nyaman pada perut.

GridHEALTH.id - obat bebas atau over the counter drug bisa dibeli tanpa resep dokter, dan biasanya digunakan untuk meredakan gejala.

Begitu juga obat untuk mengatasi asam lambung juga ada yang dijual tanpa membutuhkan resep dokter.

Obat non-resep yang digunakan untuk mengobati asam lambung meliputi:

1. Antasida untuk gejala asam lambungAntasida menetralkan asam lambung untuk mengurangi mulas, asam lambung, gangguan pencernaan asam, dan sakit perut.

Beberapa antasida juga mengandung simetikon, bahan yang membantu tubuh membuang gas. Beberapa antasida mengandung bahan yang dapat menyebabkan diare, seperti magnesium, atau sembelit, seperti aluminium.

Contoh antasida meliputi gel aluminium hidroksida, kalsium karbonat (Alka-Seltzer, Tums), magnesium hidroksida (Susu Magnesia), Gaviscon, Gelusil, Maalox, Mylanta, Rolaids dan    Pepto-BismolKita harus mengonsumsi antasida persis seperti yang diarahkan oleh dokter atau sesuai dengan label kemasan.

Jika menggunakan tablet, kunyah dengan baik sebelum menelan untuk bantuan yang lebih cepat.

Baca Juga: Asam Lambung Bikin Perut Mulas? Ini Trik Alami Untuk Mengatasinya

Baca Juga: Bisakah Kita Olahraga di Bulan Pertama Kehamilan? Ini Tipsnya

Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada label sehingga  tidak overdosis atau terlalu sering menggunakan antasida. Efek samping termasuk sembelit, diare, perubahan warna buang air besar, dan kram perut.

2. Pengurang asam untuk mulasAda dua jenis obat yang mengurangi produksi asam di lambung: antagonis histamin (antagonis H2 atau penghambat H2) dan penghambat pompa proton (PPI).Contoh pemblokir H2 yang tersedia tanpa resep meliputi Simetidin (Tagamet HB), Famotidine (Pepcid AC), Zantac 360 dan NizatidinCatatan: Ranitidine pemblokir H2, yang ada dalam produk Zantac yang lebih lama, dikeluarkan dari pasar pada tahun 2020 setelah ditemukan mengandung agen penyebab kanker.Inhibitor pompa proton esomeprazole (Nexium 24HR), lansoprazole (Prevacid 24HR), dan omeprazole (Prilosec OTC) dijual bebas untuk mengobati mulas yang sering (dua kali atau lebih per minggu) selama 14 hari.

Jenis obat ini juga tersedia sebagai resep dengan kekuatan lebih tinggi. Konsumsi sesuai dengan petunjuk pada kemasan atau seperti yang disarankan oleh dokter.Jika obat-obatan ini tidak meredakan gejala, atau jika gejala sakit asam lambung memburuk atau bertahan lebih dari 2 minggu, kita harus menemui dokter.