Find Us On Social Media :

Anti Repot, Bekal Makanan Bergizi Untuk Hari Pertama Anak Masuk Sekolah

Bekal makanan sehat dan bergizi untuk anak sekolah.

GridHEALTH.id - Sekolah dengan pertemuan tatap muka (PTM)  sudah dimulai sejak minggu lalu. Selain mempersiapkan seragam dan alat tulis yang memadai untuk anak, para ibu jangan lupa untuk menyiapkan bekal makanan yang sehat dan bergizi untuk hari pertama anak masuk sekolah.

Jika di sekolah tak menyediakan makan siang, maka ibu perlu meluangkan waktu untuk menyiapkan bekal makan siang untuk disantap anaknya di sekolah.

Bekal makanan itu perlu dipikirkan, karena harus bernutrisi, lezat, dan praktis agar kebutuhan asupan gizinya terpenuhi.

Menurut penelitian, kebiasaan makan sehat saat kanak-kanak akan mendukung kesehatan, tumbuh kembang dan fungsi kognitif,  bahkan bisa mencegah penyakit kronis di kemudian hari.

Pola makan sehat yang baik dan bergizi sejak kecil pun akan terbawa hingga dewasa. Selain itu, membawa bekal makanan ke sekolah dijamin lebih bersih karena disiapkan sendiri oleh ibunya dan menghindari anak dari kebiasaan jajan sejak usia dini.

Mempersiapkan bekal makanan yang sehat dan bergizi tidak rumit. Prinsipnya adalah pedoman gizi seimbang.

Yaitu memasukkan 5 kelompok pangan yang terdiri dari makanan pokok (zat pati), lauk pauk, sayur, buah, dan minuman.

Untuk pembagian porsinya, ibu bisa membagi wadah bekal menjadi dua dulu. Pada bagian pertama, isilah 2/3 bagian dengan makanan pokok, dan 1/3 lauk (protein hewani/nabati).

Untuk bagian kedua, komposisinya yakni 2/3 sayur, dan 1/3 buah dan ditambah segelas air minum.

Baca Juga: Persiapan Mengajak Bayi Bepergian, Bekal Makanan Paling Penting!

Baca Juga: Healthy Move, Lagi Ramai Tantangan Headstand Viral di TikTok, Hati-hati Saat Melakukannya

Menunya bisa disesuaikan dengan selera anak, dan terutama yang biasa dimakan di rumah. Tak kalah penting, tentunya tak perlu rumit untuk mempersiapkannya. Manfaat lain dari anak membawa bekal ke sekolah adalah, ibunya jadi lebih kreatif dalam menyiapkan makanan untuk keluarganya.