Find Us On Social Media :

Wanita Penerima Vaksin Covid-19 Laporkan Perdarahan Jadi Lebih Banyak Saat Menstruasi

Ada beberapa wanita setelah divaksin Covid-19 mengalami masa haid lebih panjang.

GridHEALTH.id - Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Dr. Alison Edelman dari Oregon Health & Science University di Amerika Serikat menyelidiki apakah vaksin Covid-19 menyebabkan perubahan pada siklus menstruasi.

Mereka membandingkan panjang siklus menstruasi (waktu antara perdarahan) dan menstruasi (hari perdarahan) pada wanita yang divaksinasi dan tidak divaksinasi.Studi ini didanai oleh Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development (NICHD) NIH dan Office of Research on Women's Health. Hasil muncul di Obstetrics & Gynecology pada 5 Januari 2022.Tim menganalisis data dari hampir 4.000 wanita, usia 18 hingga 45 tahun, yang dikumpulkan melalui aplikasi pelacakan kesuburan. Peserta setuju untuk menggunakan data mereka untuk tujuan penelitian.

Semua wanita memiliki panjang siklus normal, dari 24-38 hari. Data dibandingkan

selama tiga siklus menstruasi sebelum dosis vaksin pertama dengan tiga siklus sesudahnya. Di antara wanita yang tidak divaksinasi, data dikumpulkan selama enam siklus berturut-turut. Sebagian besar peserta yang divaksinasi (55%) menerima vaksin Pfizer-BioNTech, 35% menerima vaksin Moderna, dan 7% menerima vaksin Johnson & Johnson/Janssen.Tim menemukan bahwa wanita yang menerima vaksin Covid-19 memiliki peningkatan rata-rata panjang siklus hampir satu hari untuk setiap dosis.

Di antara wanita yang menerima vaksin dua dosis, dosis pertama dikaitkan dengan peningkatan panjang siklus 0,71 hari dan dosis kedua dengan peningkatan 0,91 hari.

Setelah penyesuaian usia, ras dan etnis, BMI, pendidikan, dan faktor lainnya, perubahan panjang siklus masih kurang dari satu hari untuk setiap dosis.

Baca Juga: MUI Fatwakan Vaksin Covid-19 CanSino Haram, Mengandung Embrio Janin Bayi

Baca Juga: Risiko Obesitas Pada Masa Remaja Dimulai di Usia Dini, Studi

Menerima dua dosis vaksin dalam siklus menstruasi yang sama meningkatkan panjang siklus lebih lanjut, rata-rata sekitar dua hari.

Panjang siklus wanita sering berfluktuasi, dan para ahli menganggap variasi siklus hingga delapan hari sebagai normal.

Siklus menstruasi yang lebih lama setelah vaksinasi menurun pada siklus berikutnya, menunjukkan bahwa itu mungkin bersifat sementara.

Para peneliti tidak menemukan efek vaksinasi Covid-19 pada jumlah hari perdarahan menstruasi.“Sangat meyakinkan bahwa penelitian ini hanya menemukan sedikit perubahan menstruasi sementara pada wanita,” kata Direktur NICHD Dr. Diana Bianchi.