Find Us On Social Media :

Healthy Move, Latihan Interval Intensitas Tinggi Beberapa Menit Perhari Ubah Tubuh Lembek Jadi Berotot

Latihan interval intensitas tinggi lebih membakar lemak sehingga tubuh jadi berotot.

GridHEALTH.id - Hanya beberapa menit latihan intens setiap hari dapat mengubah orang dewasa yang lembek menjadi "mesin pembakar lemak" yang berotot, klaim para ahli.Sebuah analisis besar menemukan ledakan singkat aktivitas eksplosif jauh lebih baik dalam membersihkan orang dari lemak berlebih daripada olahraga teratur.

Itu artinya, hanya beberapa menit latihan intens setiap hari sudah cukup untuk membakar lemak yang menggelambir secara berlebihan.Latihan interval ditemukan membakar 0,03 gram lemak ekstra per menit, dibandingkan dengan latihan sedang seperti joging, berenang, atau bermain sepak bola.Para ahli mengklaim beberapa sesi mingguan dapat membantu menurunkan berat badan dengan turbocharger.Dan itu juga semakin meningkatkan kehilangan lemak selama olahraga teratur dengan tambahan 0,13g per menit.Peneliti utama Profesor Zeljko Pedisic dari Victoria University di Melbourne, mengatakan: “Jika lemak tubuh yang membandel itu tidak hilang, pertimbangkan untuk menambahkan Pelatihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT) ke dalam rutinitas olahraga.

“Beberapa menit latihan intens setiap hari atau beberapa kali seminggu, sudah cukup untuk membakar lemak.HIIT adalah salah satu jenis latihan yang paling populer. Jika Anda belum melakukannya, mungkin Anda harus mencobanya.”

Baca Juga: Healthy Move, 6 Hal Perlui Dilakukan Untuk Mencegah Sakit Leher Saat Bersepeda

Baca Juga: Memilih Produk Perawatan Untuk Kulit Sensitif, Perlu Ekstra Hati-hati Untuk Menghindari Iritasi

Prof Pedisic mengatakan pendekatan ini lebih efektif dan memakan waktu lebih sedikit daripada latihan aerobik biasa, seperti jogging. Latihan interval tinggi ini juga bekerja lebih baik pada orang yang gemuk.

Untuk diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2015 meluncurkan Hari Obesitas Dunia (WOD/world obesity day) sebagai inisiatif dari Federasi Obesitas Dunia untuk merangsang dan mendukung solusi praktis secara global yang lebih luas untuk membantu orang mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat, dan untuk membalikkan krisis obesitas.

Menjadi terlalu gendut meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit hati dan jantung, serta beberapa jenis kanker umum.Temuan yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine, mengamati 18 percobaan yang melibatkan lebih dari 500 orang dewasa.Relawan mengambil bagian dalam HIIT yang diawasi, latihan aerobik sedang seperti jalan cepat, atau tidak sama sekali.

Baca Juga: 8 Makanan Ramah Penis untuk Meningkatkan Testoteron, Sperma dan Ereksi Tahan Lama

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka Sudah Dimulai, Perhatikan Asupan Gizi Untuk Anak di Masa Pandemi

Para peserta tidak hanya melakukan semburan intens membakar lebih banyak lemak, tetapi mereka terus melakukannya ketika melakukan bentuk aktivitas lainnya.Para ilmuwan menghitung bahwa dengan menambahkan beberapa HIIT ke dalam rutinitas mingguan mereka, orang dewasa yang melakukan olahraga 150 menit yang direkomendasikan setiap minggu akan kehilangan 10kg lemak ekstra selama satu dekade. (*)