Find Us On Social Media :

Mengalami Iritasi Mata? Coba Cara Alami Ini Untuk Mengobati Mata Kering

Selain gaya, pakai kacamata hitam di siang hari bagus untuk rmenghindari mata kering.

GridHEALTH.id - Terus-menerus mengalami mata merah, iritasi, atau gatal, maka Anda mungkin menderita sindrom mata kering.

Meskipun kondisi ini umum di antara kelompok usia menengah dan tua, beberapa faktor lingkungan dan gaya hidup meningkatkan kejadian mata kering di antara anak-anak dan kelompok usia muda.

Sindrom mata kering terjadi ketika kelenjar air mata tidak mampu melumasi mata, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit.

Kurangnya kelembapan pada mata dapat disebabkan oleh tinggal di ruangan ber-AC, bekerja di depan layar komputer selama berjam-jam, pencahayaan yang buruk, atau melakukan aktivitas yang menuntut peningkatan konsentrasi.

Selain itu, kondisi medis tertentu, ketidakseimbangan hormon, alergi, dan penuaan juga dapat menyebabkan mata kering. Mata kering kronis bisa menyakitkan dan memengaruhi kualitas hidup, memengaruhi penglihatan, dan mengurangi produktivitas di tempat kerja.

Berikut beberapa cara efektif dan alami untuk mengatasi kondisi mata kering:

1. Tetap terhidrasiPermukaan okular membutuhkan jumlah pelumasan yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Minum air putih adalah yang terbaik untuk memastikan fungsi kelenjar lakrimal, yang bertanggung jawab untuk melepaskan cairan untuk membersihkan dan melindungi mata.

Tetap terhidrasi membantu menghasilkan jumlah air mata dan minyak alami yang sehat, sedangkan lapisan air mata yang mengalami dehidrasi menghasilkan permukaan mata yang kasar, mengakibatkan mata kering dan teriritasi.

Baca Juga: Udara Musim Kemarau Bikin Iritasi Mata, Tapi Obat-obatan Ini Bisa Jadi Penyebab Juga

Baca Juga: Usir Nyeri Sendi Akibat Asam Urat dengan 5 Infused Water Ini

Batasi konsumsi minuman yang cenderung membuat tubuh dehidrasi, seperti kopi, alkohol, atau minuman berkafein lainnya.

Satu juga dapat meningkatkan asupan buah-buahan yang kaya air seperti semangka, persik, mentimun, stroberi, dll untuk penglihatan yang sehat dan mencegah mata kering.