Find Us On Social Media :

Waktu Menstruasi Pasca Melahirkan Berkaitan Erat dengan ASI Eksklusif

Inilah waktu yang tepat dan perbedaan dari kembalinya menstruasi pasca melahirkan pada seorang ibu.

GridHEALTH.id - Proses kembalinya periode menstruasi setelah melahirkan tentu menjadi pertanyaan bagi setiap ibu, setelah selama proses kehamilan, seorang ibu tidak mengalami proses menstruasi.

Periode pertama menstruasi pasca melahirkan disebut dengan masa nifas dan setiap ibu memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda.

Biasanya menstruasi akan kembali setelah seorang ibu berhenti menyusui, berbeda dengan ibu yang tidak menyusui umumnya akan kembali menstruasi setelah lima minggu sejak melahirkan.

Kaitan menstruasi dan ASI eksklusif

Saat seorang ibu menyusui dan memberikan ASI eksklusif secara penuh, maka tubuh memproduksi lebih banyak hormon prolaktin, yang memproduksi ASI dan memberikan efek perhentian datangnya siklus menstruasi.

Tidak heran, pada masa ini ibu tidak akan mengalami periode menstruasi dan baru mulai kembali setelah seorang ibu secara signifikan menghentikan produksi ASI.

Ketika seorang ibu tidak memberikan ASI eksklusif pada bayi atau sesekali memberikan ASI eksklusif, maka tidak menutup kemungkinan seorang ibu akan kembali mendapatkan menstruasi lebih cepat dari ibu yang masih melakukan ASI eksklusif.

Pada ibu yang telah mengalami menstruasi di tengah proses pemberian ASI eksklusif akan sangat mempengaruhi jumlah dari ASI yang diproduksi.

Baca Juga: 6 Fase Terjadinya Menstruasi, Pahami Supaya Tahu Masa Subur yang Tepat

Oleh karena itu para ahli merekomendasikan untuk menambahkan kalsium dan magnesium ke dalam asupan nutrisi sehingga dapat mempertahankan pasokan ASI yang stabil sepanjang menstruasi.

Saat seorang ibu sedang memberikan ASI di tengah siklus menstruasi, juga tidak menutup kemungkinan adanya perubahan rasa dari ASI, jadi jangan kaget bila bayi terasa lebih rewel saat menyusui karena adanya perubahan selera dan rasa.

Perbedaan menstruasi pertama pasca melahirkan