Find Us On Social Media :

Menstruasi Tidak Berhenti, Bisa Menjadi Tanda Dari Terbentuknya Mioma

Menstruasi tidak berhenti, wanita perlu waspada bisa jadi tanda dari terbentuknya mioma.

GridHEALTH.id - Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami oleh wanita dan menjadi bagian dari sistem reproduksi untuk mempersiapkan tubuh dalam kemungkinan kehamilan.

Menstruasi terjadi dengan adanya peluruhan bulanan dari lapisan rahim berupa darah menstruasi, di mana darah ini mengandung sebagian darah dan jaringan dari dalam rahim.

Namun, bagaimana jadinya jika menstruasi ini terjadi terus menerus dan tidak berhenti, inilah yang perlu diwaspadai oleh wanita.

Bisa jadi menstruasi yang tidak berhenti adalah salah satu tanda dari munculnya mioma.

Menstruasi yang tidak berhenti adalah tanda khas dari pertumbuhan mioma, meskipun tidak dalam semua kasus.

Mioma adalah muncul atau tumbuhnya sebuah massa yang berada di dalam atau di luar sekitar rahim dan bersifat non-kanker.

Data menyebut, sebanyak 35% wanita di masa reproduktifnya mengalami pendarahan menstruasi berat dan tidak berhenti, sebagiannya adalah tanda dari mioma.

Mioma sering diderita oleh wanita hingga sekitar 80% wanita mengalaminya pada usia 50 tahun, selain itu juga bergantung oleh ras dan riwayat keluarga.

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan terbentuknya mioma adalah faktor genetik, kondisi kesehatan seorang wanita, kecanduan kafein dan alkohol.

Baca Juga: Waktu Menstruasi Pasca Melahirkan Berkaitan Erat dengan ASI Eksklusif

 Saat seorang wanita didiagnosis memiliki mioma, tidak perlu khawatir karena penyakit ini tergolong tidak mengancam jiwa dan dapat diobati, tetapi seringkali seorang wanita sulit untuk mengenalinya karena terkadang tidak menimbulkan gejala yang biasanya muncul, seperti:

- Menstruasi tidak berhenti