Find Us On Social Media :

Kasus Bayi Meninggal di RSUD Jombang Karena Tak Jadi Operasi Sesar Sebab Ibu Derita Hipertensi dan Diabetes, Berakhir Damai

Peristiwa meninggalnya bayi akibat tak jadi operasi sesar di RSUD Jombang berakhir damai.

GridHEALTH.id - Meninggalnya seorang bayi di Jombang, Jawa Timur, akibat proses persalinan sesar yang disebut 'dramatis' telah berujung damai.

Perdamaian antara orangtua bayi dengan pihak RSUD Jombang ini tercapai setelah adanya dengar pendapat yang difasilitasi DPRD Jombang.

Ketua Komisi D DPRD Jombang Erna Kuswati mengatakan, dalam proses dengar pendapat yang menghadirkan pihak rumah sakit dan keluarga bayi itu didapat keterangan terkait kejelasan perkara tersebut.

Erna mengatakan, saat kehamilan ibu bayi secara medis diketahui menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi dan mengidap diabetes.

Oleh karena itu kata Erna, pihak Puskesmas tidak berani melakukan tindakan medis saat awal menerima pasien. Untuk itu, ibu bayi dirujuk ke RSUD Jombang.

Erna menambahkan, namun rujukan dari Puskesmas tidak merujuk untuk dilakukan operasi caesar. Sebab, Puskesmas sudah mengetahui rekam jejak kesehatan sang ibu.

"Jadi Puskesmas tidak merujuk untuk dilakukan (operasi) caesar, karena riwayat medis si ibu bayi," kata Erna dikutip dari merdeka.com Selasa (02/08/2022).

Dia menyebut, SOP (standar operasi prosedur) medis dilakukan pihak Puskesmas maupun rumah sakit sudah dianggap benar. Sebab dengan kondisi medis sang ibu yang memiliki hipertensi dan diabetes, maka tidak memungkinkan untuk dilakukan tindakan operasi.

Sebab, jika hal itu dilakukan maka sangat memungkinkan akan terjadi pendarahan hebat pada sang ibu. Selain itu, pada saat persalinan, kondisi bayi disebutnya sudah meninggal karena terlalu lama tercekik akibat 'nyangkut' di jalan bayi.

Baca Juga: Healthy Move, 5 Latihan Mengembalikan Bentuk Tubuh Pasca Sesar

Baca Juga: Healthy Move, Latihan Terbaik Untuk Menghilangkan Perut Menggelambir

Baca Juga: Ini 5 Pengobatan Rumahan Alami Untuk Mengatasi Gatal di Vagina