Find Us On Social Media :

Gempa Terkini, Hari Ini 8 Agustus Lampung Diguncang Gempa Magnitudo 4.3 SR

Gempa terkini Lampung yang terjadi hari ini 8 Agustus 2022.

GridHEALTH.id - Hari ini, 8 Agustus 2022 Indonesia kembali diguncang gempa.

Gempa di Indonesia kali ini menggunacang Pesisir Barat Lampung.

Menurut laporan BMKG, gempa bumi terjadi pada pukul 05.41 WIB pagi tadi. Besarannya, magnitudo 4.3 SR.Sedangkan pusat gempa bumi berada di 54 km baratdaya Pesisir Barat Lampung.Kedalaman pusat gempa berada di kedalaman 29 kilometer.Berikut data gempa berdasarkan unggahan akun resmi BMKG:Info Gempa Mag:4.3, 08-Aug-22 05:41:59 WIBLok:5.60 LS - 103.67 BT (54 km BaratDaya PESISIRBARAT-LAMPUNG)Kedlmn: 29 Km ::BMKG.

Baca Juga: Keju yang Itu Enak Juga Bisa Cegah Osteoporosis, Seperti Produksi Norwegia Ini

Penting diingat, Indonesia adalah negara yang rawan gempa.

Pasalnya bereda tepat di ring of fire yang merupakan lokasi gunung berapi aktif yang banyak. Belum lagi Indonesia tempat pertemuan lempeng tektonik.Jadi sudah seharusnya masyarakat Indonesia mawas diri dan paham mitigasi bencana gempa.

Dilansir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, terdapat tiga tahap besar penanggulangan bencana.

PrabencanaDalam upaya penyelamatan diri sebelum gempa bumi, perlu menyiapkan rencana untuk menyelamatkan diri. Misal rute evakuasi, daftar orang yang harus dihubungi, dan persiapan lainnya.Melakukan latihan terhadap orang rumah dalam menghadapi gempa bumi, misal merunduk di bawah meja, melindungi kepala, dan langkah serupa.Menyiapkan alat pemadam kebakaran, alat keselamatan standar, dan persiapan obat-obatan.Membangun rumah dengan konstruksi dan fondasi yang kuat dan tahan guncangan.

Baca Juga: Sudah Sembuh, Penyintas Cacar Monyet Masih Berisiko Terinfeksi Kembali

Jika ada bagian rumah yang sudah rapuh, segera lakukan renovasi.Mencari informasi mengenai daerah yang rawan gempa, serta aturan pemerintah jika terjadi gempa bumi.Saat bencana terjadiJika berada di dalam rumah, sekolah, kantor, atau gedung bertingkat, lakukan hal berikut:* Selama gempa terjadi, selamatkan diri dengan berlindung di bawah meja yang kokoh untuk menghindari benda-benda yang jatuh.* Hindari berada dekat jendela kaca.

* Jika gempa sudah berhenti, segera keluar gedung.* Jika sedang memasak, matikan kompor segera dan cabut segala peralatan elektronik yang sedang dipakai.* Saat keluar rumah, hati-hati pecahan kaca atau material lain yang mungkin berada di jalur keluar.

Baca Juga: Mengenal Alopecia Postpartum, Rambut Rontok Pasca Persalinan