Find Us On Social Media :

Lebih Baik Dimatikan, Tidur dengan Lampu Menyala Sebabkan 5 Hal Ini!

Paparan cahaya biru saat tidur dengan lampu menyala berisiko ganggu kesehatan.

GridHEALTH.id - Tidur malam merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh, setelah melakukan berbagai aktivitas seharian.

Setiap orang memiliki kenyamanannya masing-masing saat tidur. Kebanyakan orang mungkin memilih untuk mematikan lampu kamar agar istirahat lebih nyaman.

Namun, beberapa orang yang lain lebih suka tidur dengan lampu yang dibiarkan menyala, karena alasan yang bermacam-macam.

Misalnya saja merasa takut jika kondisi kamar benar-benar gelap dan tidak bisa melihat benda apapun yang ada di sekitar.

Meski begitu, sebaiknya kebiasaan tidur dengan lampu menyala di malam hari mulai dikurangi karena ternyata berdampak pada kesehatan.

Tidur dengan lampu menyala, bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah pada kesahatannya seperti berikut ini.

1. Obesitas

Obesitas adalah saat seseorang memiliki berat badan yang melebihi indeks massa tubuh. Kondisi ini, menempatkan seseorang pada risiko masalah kesehatan yang lainnya. 

Siapa yang sangka kalau tidur dengan kondisi kamar yang terang bisa menyebabkan obesitas.

Berdasarkan sebuah penelitian, wanita yang tidur di kamar yang terang karena televisi atau lampu yang menyala, cenderung obesitas.

Kondisi tersebut terlihat pada 17% peserta yang ikut dalam studi tersebut. Nampak bahwa mereka mengalami kenaikan berat badan hampir lima kilo dalam setahun.

Baca Juga: Waktu Tidur Dalam Sehari Sesuai Usia yang Harus Dicukupi Manusia