Find Us On Social Media :

Badan Sakit Setelah Lomba Agustusan, Coba Redakan Dengan Cara Sederhana Ini

Badan sakit setelah lomba agustusan, ini cara sederhana untuk mengatasinya.

GridHEALTH.id - Semarak perayaan HUT Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus selalu diisi dengan lomba agustusan.

Lomba agustusan sudah menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI.

Banyak orang yang menjadikan lomba agustusan ini sebagai pengusir penat sesaat, namun tak jarang setelah mengikuti lomba agustusan ini membuat badan terasa sakit.

Pada dasarnya, badan sakit setelah lomba agustusan atau olahraga adalah hal yang wajar dan menjadi pertanda baik, karena ini adalah tanda dari tubuh telah cukup bekerja keras.

Kerja keras di dalam tubuh membuat otot seseorang mengalami kerusakan dan robekan, yang akan menimbulkan rasa sakit saat jaringan otot melakukan perbaikan dengan memicu peradangan di tempat yang terluka.

Kondisi badan sakit setelah lomba agustusan disebabkan karena adanya peningkatan intensitas, frekuensi, dan durasi tubuh karena disebabkan adanya aktivitas baru yang dilakukan.

Hal ini disebabkan karena lomba agustusan menjadi salah satu aktivitas baru yang jarang dilakukan dan saat dilakukan begitu intens.

Dengan kondisi inilah kerusakan pada otot semakin luas dan menyebabkan timbulnya rasa sakit pada seluruh badan, sehingga tidak heran jika badan sakit setelah lomba agustusan.

Badan sakit setelah mengikuti lomba agustusan tidak perlu dikhawatirkan karena ketika badan sudah tidak sakit, otot akan menjadi lebih besar dan kuat, sehingga meningkatkan kebugaran jasmani seseorang.

Umumnya badan mulai terasa sakit setelah 12-24 jam dan puncaknya pada 24-72 jam sehabis mengikuti lomba agustusan yang dianggap berat.

Akan tetapi badan sakit yang dirasakan ini tidak akan menetap seterusnya dan akan kembali normal dalam beberapa hari setelahnya.

Baca Juga: Healthy Move, Persiapan Melakukan Latihan Olahraga Jika Menderita Osteoarthritis