Find Us On Social Media :

Kram Pada Otot, Coba Atasi Dengan Memijat 3 Titik Tubuh Ini Dengan Lembut

Kram pada otot dapat terjadi pada siapa saja, cobalah untuk memijat dengan lembut tiga titik pijat ini sesuai dengan TCM.

GridHEALTH.id - Seseorang tentu pernah mengalami kram pada otot, yang mengacu pada kondisi kontraksi otot yang tiba-tiba dan tidak disengaja sehingga menyebabkan kekakuan otot dan nyeri yang tak tertahankan.

Terkadang dengan kondisi kram yang tiba-tiba ini membuat seseorang kesulitan bergerak dan terasa sakit.

Ada berbagai macam penyebab dari terjadinya kram, termasuk cara mengatasinya, berikut ini terdapat tiga titik tubuh yang dapat dipijat dengan lembut saat terjadi kram sesuai dengan pengobatan tradisional Cina (TCM).

Kram pada otot ini dilihat dalam pengobatan tradisional Cina (TCM) sebagai bentuk dari ketidakharmonisan, di mana suatu sistem terganggu dan menyebabkan gejala atau tanda ada sesuatu yang salah pada tubuh.

Dalam pengobatan tradisional Cina (TCM) ada dua penyebab utama dari masalah tubuh yang menyebabkan kram ini, diantaranya:

- Masalah pada defisiensi darah hati dan jantung 

Adanya masalah pada hati dan jantung dipercaya oleh TCM dapat menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan hati, seperti kram otot, amenore, pusing, dan insomnia, sehingga diperlukan pengobatan untuk menguatkan dan menyehatkan Qi dan darah dalam membantu kerja hati dan jantung.

- Masalah pada defisiensi Yin hati

Masalah pada Yin di hati dan ginjal dapat menyebabkan kram otot, juga masalah lainnya pada Yin, sehingga biasanya dibutuhkan pengobatan yang dapat menutrisi Yin pada ginjal dan hati.

Kekurangan Yin pada hati juga dapat disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan, terlalu banyak bekerja, istirahat yang kurang, dan pola makan yang buruk atau tidak teratur.

Selain melihat kedua masalah ini, TCM juga membagi masalah kram ke dalam dua jenis, yaitu kram malam dan kram panas.

Baca Juga: Wanita Menstruasi Jangan Lagi Konsumsi Makanan Ini, Jika Tidak Ingin Merasakan Kram