Find Us On Social Media :

Ganti Bersalaman dengan Gestur Namaste Untuk Hindari Cacar Monyet

Bersalaman jadi salah satu cara penaran cacar monyet, pakar ingatkan lebih baik lakukan gesture namasate.

GridHEALTH.id - Cacar monyet telah masuk ke Indonesia. Tentu kini kita semua harus semakin waspada terhadap penularannya.

Pakar Biostatistika Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya, Windhu Purnomo seperti yang dikutip dalam Kompas.com (24/08/2022) mengingatkan masyarakat untuk kembali menerapkan prokes dan PHBS.

"Kita harus kembali lagi menerapkan PHBS dengan protokol kesehatan dengan tidak saling menyentuh dulu, karena ini (penularan cacar monyet) kontak langsung," kata Windhu.

Windhu menilai dengan penerapan prokes dan PHBS yang dianjurkan untuk menghindari penularan Covid-19, juga akan efektif untuk menghindari penularan cacar monyet.

Salah satu bagian dari menerapkan prokes adalah dengan menghindari untuk bersentuhan, seperti saat bersalaman.

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan Pasien Cacar Monyet saat Isolasi Mandiri

Juga tidak lupa untuk; menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), sering mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas, jadi bagian dalam prokes yang perlu diterapkan, untuk hindari infeksi cacar monyet juga Covid-19.

Untuk menganti salaman, Windhu menyanrankan gestur namaste.

Gestur namaste adalah cara menyapa tanpa bersentuhan dan bersalaman, cukup dengan menyatukan kedua telapak tangan dan ujung jari mengarah ke atas.

Kemudian, tubuh dibungkukkan sedikit hingga tangan mendekat ke dada.

Sejalan dengan yang telah disebutkan oleh Windhu, CDC sendiri juga telah memberikan himbauan kepada masyarakat bahwa cacar monyet bisa menyebar dengan beberapa cara.

Baca Juga: Kanker 1 dari 4 Risiko Seks Oral pada Pria yang Melakukan Cunnilingus