Find Us On Social Media :

Batuk Berdahak Sekaligus Hidung Meler, Bisa Jadi Bukan Bapil Biasa Lagi tapi Tanda Penyakit Serius Ini

Hidung meler dan batuk berdahak pada batuk pilek biasanya juga bisa menjadi gejala dari penyakit serius lainnya, kenalilah.

GridHEALTH.id - Pada saat batuk pilek (bapil), mengalami gejala batuk dan pilek adalah hal yang wajar.

Akan tetapi bagaimana jadinya saat batuk berdahak sekaligus hidung meler secara bersama muncul dan dirasakan, mungkinkah ini menjadi tanda dan gejala dari penyakit baru.

Inilah yang perlu diwaspadai, bisa jadi gejala ini sudah tidak lagi merujuk pada penyakit batuk pilek biasa.

Ada beberapa penyakit serius lainnya yang memiliki gejala mirip dengan batuk pilek biasa, yaitu batuk berdahak dan hidung meler.

Batuk pilek biasa

Batuk pilek biasa disebut juga dalam istilah medis sebagai common cold.

Dalam batuk pilek biasa, seseorang tidak memerlukan obat untuk menyembuhkannya dan sebagian besar akan sembuh dalam waktu kurang lebih dua minggu.

Untuk batuk yang bisa dialami dalam batuk pilek memiliki dua jenis, yaitu batuk produktif atau mengeluarkan dahak (lendir) dan batuk tidak produktif (tidak berdahak).

Kegiatan dari batuk merupakan refleks otomatis seseorang membersihkan saluran udara dari dahak atau iritasi.

Batuk pada batuk pilek biasa akan sembuh sebagian besar dalam waktu tiga minggu dan tidak memerlukan perhatian medis, berbeda jika batuk berdahak sudah menjadi gejala dari penyakit serius lainnya.

Pilek pada batuk pilek biasa juga bisa ditandai dengan hidung meler atau tersumbat dan disertai dengan gejala umum lainnya seperti tenggorokan sakit, bersin-bersin, dan lainnya.

Baca Juga: Jangan Lagi Berikan Anak Antibiotik Saat Batuk Pilek, Pastikan Saja Tidak Terjadi Gejala ini Saat Anak Bapil