Find Us On Social Media :

Sedang Menunggu Hasil, Jumlah Pasien Cacar Monyet di Indonesia Kemungkinan Bertambah

Ilustrasi cacar monyet dan perkembangan kasus dari cacar monyet.

GridHEALTH.id - Cacar monyet sudah resmi masuk Indonesia dengan kasus konfirmasi positif cacar monyet berada di DKI Jakarta, sejak Sabtu lalu (20/08/2022).

Kini, pemerintah terus melakukan berbagai pemantauan, baik di pintu-pintu masuk dan keluar Indonesia, serta tes kepada orang-orang dengan status kontak dekat.

Tidak menutup kemungkinan jumlah pasien cacar monyet di Indonesia bisa bertambah.

Update terkini diberikan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementrian Kesehatan RI, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu (24/08/2022).

Hingga Rabu kemarin, pemerintah Indonesia masih menunggu hasil tes PCR untuk beberapa orang yang diduga terpapar cacar monyet.

Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu menyebutkan ada empat orang yang masih menunggu hasil tes, "Ada empat yang masih nunggu hasil, dua di Makassar dan dua lagi di DKI (Jakarta)."

Sedangkan selain dari empat orang tersebut, total sudah ada 22 orang lainnya yang sudah dilakukan tes, di mana 21 diantaranya dinyatakan negatif cacar monyet.

Orang dengan hasil negatif cacar monyet ini sudah digolongkan ke dalam discarded, beberapa diantaranya sempat menghebohkan masyarakat, seperti di Jawa Tengah dan Banten.

Satu sisanya sudah dinyatakan positif cacar monyet oleh pemerintah dan diumumkan pada Sabtu (20/08/2022) lalu.

Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu juga menjelaskan terkait kondisi terbaru pasien pertama yang positif cacar monyet di Indonesia.

"Udah sembuh, udah bagus monkeypoxnya, belum kita ambil hasil tapi kalau dari sisi gejala sudah bagus, sudah bagus," kata Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu menyebutkan perkembangan baik dari pasien cacar monyet di Indonesia.

Baca Juga: Ganti Bersalaman dengan Gestur Namaste Untuk Hindari Cacar Monyet