Find Us On Social Media :

Jarak Vaksin Booster dari Vaksin Covid-19 Kedua yang Pas, dan Jenis Vaksin yang Bisa Didapatkan

Jarak vaksin booster dari vaksin Covid-19 dosis lengkap minimal adalah tiga bulan.

GridHEALTH.id - Vaksin booster atau dosis penguat sudah bisa didapatkan oleh masyarakat sejak awal 2022 ini.

Pemberian vaksin booster dimaksudkan untuk meningkatkan antibodi terhadap Covid-19.

Meski sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis kedua, tapi masyarakat tetap butuh dosis penguat karena level antibodi mulai menurun.

Lantas, berapa jarak vaksin primer dengan vaksin booster?

Melansir laman covid19.go.id, waktu penyuntikan vaksin booster telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Nomor SR.02.06/II/1180/2022 tentang Penyesuaian Pelaksanaan Vaksin Covid-19 Dosis Lanjutan (Booster) bagi Masyarakat Umum.

Berdasarkan surat edaran itu, masyarakat bisa mendapatkan vaksin booster tiga bulan setelah penyuntikan vaksin Covid-19 dosis kedua.

Sebelumnya, pemberian vaksin booster dilakukan 6 bulan setelah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap, tapi kemudian diubah.

"Kalau sebelumnya vaksinasi booster diberikan minimal 6 bulan, mulai hari ini pemberian dosis booster bagi lansia dapat diberikan dengan interval minimal tiga bulan setelah mendapat vaksinasi primer lengkap," kata Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, dikutip dari Sehat Negeriku (22/2/2022).

Program vaksin booster yang sedang berjalan saat ini ditargetkan pada kelompok usia 18 hingga 60 tahun ke atas.

Untuk bisa memastikan apakah sudah boleh mendapatkan vaksin booster, masyarakat bisa mengecek terlebih dahulu tiket vaksinasi yang ada di aplikasi PeduliLindungi.

Kemudian jika ingin mendapatkannya, bisa langsung datang ke lokasi vaksinasi atau mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi seperti JAKI bagi masyarakat di wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga: Vaksin Booster Jadi Syarat Beraktivitas, Kapan Anak Usia 6-11 Tahun Mendapatkannya?