Find Us On Social Media :

Tak Cuma Buat Bumbu Dapur, Lengkuas Ternyata Bisa Jadi Pengusir Panu

Lengkuas dipercaya dapat menghilangkan panu dengan cepat.

GridHEALTH.id - Panu (Pityriasis versicolor) merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh oleh jamur.Manifestasinya berupa bercak putih di kulit membuat panu terlihat jelas. Selain bikin tak percaya diri, panu juga sangat gatal.Kalau  mengalaminya, jangan buru-buru beli obat di apotek. Panu bisa dituntaskan dengan bahan alami. Salah satunya adalah dengan lengkuas.

Bagi yang sering memasak, pasti sudah tak asing lagi dengan lengkuas karena sering digunakan sebagai bumbu untuk memasak.Salah satu masakan yang menggunakan lengkuas adalah rendang. Makanan ini lezat dan populer salah satunya adalah berkas lengkuas yang ada di dalamnya untuk menyedapkan masakan.

Nah, untuk mengusir panu, coba ambil satu rimpang lengkuas. Gosokkan pada kulit yang terkena panu. Hasilnya bakal bikin kaget.

Baca Juga: Sistem Kekebalan Tubuh Lemah Bisa Membuat Panu Muncul, Studi

Baca Juga: 6 Ciri Kehamilan Kembar Yang Jadi Dambaan, Ini Waktu Bisa Terdeteksi

Karena lengkuas mengandung senyawa kuersetin, amilum, dan flavonoid. Ketiga senyawa tersebut dapat mengatasi bakteri serta jamur dengan cepat.

Jika ingin menggunakan lengkuas sebagai pengusir pansu, ikuti langkah berikut ini.Bahan:- LengkuasCara membuat:- Ambil rimpang 1 lengkuas dan cuci bersih.

Baca Juga: Healthy Move, Memilih Matras Yoga Agar Nyaman Lakukan Olahraga Ini

Baca Juga: Tes dan Diagnosis Untuk Infeksi Herpes Genital atau Herpes Simpleks

Baca Juga: Obat Diabetes Metformin Bisa Mencegah Diabetes Gestasional, Studi

- Belah lengkuas menjadi 2 bagian.- Gunakan bagian belahan lengkuas untuk digosokkan pada panu secara langsung.- Gosok kulit yang terserang panu hingga kulit agak memerah dan terasa perih.- Setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan cara tersebut 3 kali dalam sehari. Jika dilakukan dengan rutin, maka panu di kulit akan segera menghilang. (*)