Find Us On Social Media :

Overthinking Juga Berdampak Pada Kesehatan Fisik, Bagaimana Cara Menghentikannya?

Overthinking dapat sangat mengganggu kehidupan sehari-hari dan kesehatan fisik.

GridHEALTH.idOverthinking tentulah sangat mengganggu, karena sering membuat sulit tidur dan berdampak pada produktivitas.

Berpikir sudah merupakan suatu yang alamiah dilakukan seseorang. Namun, saat overthinking seseorang akan memikirkan hal yang sama berulang kali hingga berdampak pada kehidupan.

Pakar wellness di Houston Methodist, Dr. J. Christopher Fowler, menyebutkan ada beberapa kondisi yang bisa menandakan bahwa sedang overthinking.

Saat overthinking, seseorang sering kali memikirkan peristiwa masa lalu, mengulang kesalahan yang sudah dilakukan, mengulangi perkataan yang tidak nyaman, dan membayangkan hal yang terburuk.

Selain itu, tanda-tanda overthinking lainnya adalah mempertanyakan keputusan yang telah diambil atau tenggelam dalam rasa khawatir akan masa depan.

“Pemecahan masalah adalah saat kita mengajukan pertanyaan dengan maksud untuk menemukan jawaban. Overthiking, di sisi lain, adalah ketika kita memikirkan kemungkinan dan jebakan tanpa niat nyata untuk memecahkan masalah. Faktanya, masalah itu mungkin tidak benar-benar ada,” jelasnya dikutip dari Houston Methodist, Jumat (26/8/2022).

Overthinking lama-kelamaan juga akan berdampak pada kondisi fisik. Sejumlah studi menyebutkan, stres dapat membuat seseorang mengalami kecemasan dan depresi.

“Terlebih lagi, gangguan kecemasan umum terkait dengan tekanan darah tinggi dan kesehatan jantung yang buruk, sementara depresi dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan bunuh diri,” jelasnya.

Cara berhenti overthinking

Tanpa sadar overthinking dapat mengganggu kesehatan fisik, sehingga perlu diatasi agar tidak berlarut.

Saat overthinking, cobalah melakukan hal di bawah ini untuk menghentikannya.

Baca Juga: 6 Pilihan Makanan untuk Meredakan Kecemasan, Salah Satunya Telur