Find Us On Social Media :

Setuju Dengan MUI, Prof Zubairi Djoerban Memilih Setia pada Pasangan Sebagai Pencegahan HIV Ketimbang Poligami

Setia pada pasangan bagi pakar menjadi cara efektif cegah penyebaran HIV/AIDS.

GridHEALTH.id - Maraknya berita mengenai kasus HIV yang ditemukan dalam jumlah banyak pada masyarakat Bandung, membuat masyarakat terkejut.

Provinsi Jawa Barat pun menjadi sorotan karena menjadi provinsi dengan kasus penemuan HIV yang tinggi.

Lebih lanjut, Wagub Jabar menyebutkan poligami dengan syarat bisa menjadi langkah pencegahan, namun di lain sisi MUI menolak pernyataan ini dan pakar lebih memilih setia pada pasangan.

Sebelumnya, menanggapi banyak berita yang beredar mengenai jumlah kasus HIV di Jawa Barat, Wagub Jawa Barat mengatakan, "Daripada seolah-olah suami tidak suka begitu, tapi akhirnya kena (HIV/AIDS) ke istrinya sendiri, toh agama juga memberikan lampu hijau. Asalkan siap adil, kenapa tidak?"

Menanggapi berita ini, Ketua MUI Jabar lebih menyarankan pemerintah Jabar untuk mendampingi ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) dibandingkan mengusulkan poligami.

Di lain sisi, Prof. dr. Zubairi Djoerban, Pakar Kesehatan sekaligus anggota dari PB IDI mengusulkan setia sebagai langkah pencegahan penyebaran HIV.

"Jadi banyak sekali ibu rumah tangga yang terinfeksi dari suaminya, sebagian besar terinfeksi dari suami," kata Prof Zubairi mengakui jumlah kasus HIV yang banyak diderita oleh para istri.

Lebih lanjut Prof Zubairi menjelaskan,"Pada prinsipnya penularan kan macam-macam, intinya adalah kalau yang (penyebaran HIV secara) seksual, kalau saya menikah dengan satu perempuan tidak ada hubungan seks dengan yg lain, itu risiko penularan bisa dikatakan nol."

Setia bisa menjadi salah satu langkah pencegahan penyebaran HIV dengan efektif pada pasangan rumah tangga, ketimbang poligami.

"Jadi poligami kalah, artinya semuanya setia pada pasangan, yang poligami maupun monogami ya tidak tertular," ujar Porf Zubairi saat ditemui langsung di Gedung PB IDI Dr R Soeharto, Jakarta Pusat, pada hari ini (29/08/2022).

Salah satu langkah pencegahan yang efektif dari setia pada pasangan bahkan tidak hanya dikhususkan bagi pasangan poligami, tentunya juga dengan pasangan monogami.

Baca Juga: Poligami Solusi Menekan Angka Infeksi HIV AIDS di Kota Bandung dari Wagub Jabar, MUI Tidak Sependapat