Find Us On Social Media :

Layak Dicoba, 5 Jenis Terapi Pijat untuk Sakit Kepala Terkait Hipertensi

Mengatasi sakit kepala bisa dengan melakukan pijatan.

GridHEALTH.id - Sakit kepala adalah keluhan umum di antara orang-orang dengan tekanan darah tinggi.

Studi medis terbaru menunjukkan bahwa ada hubungan antara tekanan darah tinggi dan sakit kepala.

Namun, sakit kepala hipertensi kemungkinan besar merupakan gejala sekunder. Jika kita mencari cara untuk meredakan sakit kepala terkait hipertensi tanpa obat, berbagai jenis terapi pijat dapat membantu meringankan rasa sakit yang berdenyut di kepala.

Seperti ditegaskan oleh beberapa penelitian, pijat dapat memberikan kelegaan pada pasien hipertensi yang mengalami sakit kepala dan vertigo serta nyeri kronis di leher, bahu, dan punggung.

Ini karena efek relaksasi dari pijatan, yang meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, menghasilkan penurunan tekanan darah secara keseluruhan untuk pra-hipertensi dan hipertensi.

1. Pijat akupresurAkupresur adalah terapi pijat yang melibatkan pemberian tekanan ke titik-titik tertentu di sekitar tubuh untuk merangsang aliran energi dan mengurangi rasa sakit dan penyakit lainnya.

Sebuah studi yang melibatkan akupresur versus pengobatan untuk penderita sakit kepala kronis telah menemukan bahwa titik pemicu akupresur bekerja lebih baik daripada relaksan otot untuk mengurangi sakit kepala kronis.Umumnya, kita dapat menggunakan ujung jari atau perangkat untuk memberikan tekanan pada titik akupuntur tertentu.

Untuk meredakan sakit kepala, para ahli pengobatan ala Tiongkok merekomendasikan dua titik akupuntur ini:

- He Gu (LI4), terletak di antara jaringan ibu jari dan jari telunjuk, menuju tengah tulang metakarpal kedua, berguna untuk penyakit yang berhubungan dengan wajah dan kepala dan dapat membantu meredakan sakit kepala. Namun, jangan dilakukan pada wanita hamil.

- Feng Chi (GB 20), yang terletak di lekukan di dasar tengkorak, umumnya aman bagi siapa saja.

Baca Juga: Sering Mengalami Sakit Kepala Konstan Di Malam Hari? Waspadai 7 GejalaTersembunyi Kanker Otak

Baca Juga: Healthy Move, Cara Berhenti Makan Berlebihan Setelah Berolahraga