Find Us On Social Media :

7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung, Usia Boleh Tua, Kondisi Jantung Tetap Muda!

pola makan sehat, salah satu cara menjaga agar jantung tetap sehat.

GridHEALTH.id - Memiliki jantung yang sehat membantu kita memperpanjang umur karena terhindar dari risiko berbagai penyakit seperti stroke dan tekanan darah tinggi.

Untuk mendapatkan jantung sehat, gaya hidup yang juga sehat dapat membantu memastikan bahwa jantung kita berfungsi dengan baik.

Jadi, inilah 7 hal yang bisa kita mulai lakukan sekarang untuk meningkatkan atau menjaga kesehatan jantung;

1. Menjaga keseimbangan kolesterol yang baikKolesterol, zat lemak dalam darah, merupakan bagian penting dari tubuh. Ada kolesterol baik, yang mencegah kolesterol menumpuk di arteri, dan ada kolesterol jahat, yang bisa menyebabkan serangan jantung dengan menyebabkan penyumbatan di arteri.

Penting untuk memastikan kita menjaga keseimbangan kolesterol darah yang baik. Makan sehat dan olahraga memainkan peran penting dalam memastikan bahwa tubuh kita mempertahankan tingkat kolesterol yang sehat pada level rendah.

2. Jaga tekanan darah tetap rendahTekanan darah pada dinding arteri saat beredar ke seluruh tubuh disebut tekanan darah. Ini secara alami berfluktuasi naik dan turun tergantung pada aktivitas, tetapi jika tekanan darah secara konsisten lebih tinggi dari biasanya, itu menjadi perhatian.

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan serangan jantung, jadi penting untuk memeriksakan tekanan darah  secara teratur. Jika tekanan darah  tinggi, perubahan gaya hidup seperti mengatur pola makan, mengurangi garam dan berolahraga lebih banyak dapat membantu.

3. Makan sehat dan bergiziSalah satu cara terbaik untuk mengatur tekanan darah dan kolesterol  adalah memastikan diet kita terdiri dari beragam makanan sehat. Diet jantung sehat harus mencakup buah-buahan dan sayur-sayuran, protein sehat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian serta susu rendah lemak.

Penting juga untuk membatasi jumlah garam yang kita makan, karena terlalu banyak garam dapat berdampak negatif pada tekanan darah.

Baca Juga: Ketahui Kelainan Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi Baru Lahir dan Cara Mengatasinya

Baca Juga: Selain Nasi, Ternyata Kita Bisa Membuat MPASI dengan Sumber Karbohidrat Ini

4. Berolahraga secara teraturBerolahraga adalah cara yang bagus untuk mencegah serangan jantung atau penyakit jantung, dan dapat membantu menurunkan berat badan dan mengontrol tekanan darah dan kolesterol.