Find Us On Social Media :

Healthy Move, Cara Terbaik Untuk Selalu Bergerak Disela Aktivitas Rutin Harian

Selingi gerakan menari di antara pekerjaan di depan laptop di rumah.

GridHEALTH.id - Bukan rahasia lagi bahwa tubuh kita tidak dirancang untuk gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Yale Medicine melaporkan bahwa terlalu banyak duduk dapat menyebabkan kelelahan otot dini, inti yang melemah, fleksor pinggul yang menegang, nyeri punggung bawah, dan berkurangnya fleksibilitas tulang belakang.

Mungkin yang lebih memprihatinkan, Mayo Clinic mencatat bahwa duduk dalam waktu lama juga dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol, serta kelebihan berat badan, dan peningkatan risiko penyakit jantung dan kanker.Namun, situasinya bukan tanpa harapan. Sebuah analisis tahun 2016 yang diterbitkan di The Lancet menemukan bahwa 60 hingga 75 menit olahraga cukup kuat sehari dapat melawan efek dari delapan jam duduk.

Memang sulit dilakukan dan jujur saja, banyak yang malas meluangkan waktu untuk berolahraga.

Tetapi bagaimana jika kita menggunakan waktu lima menit setiap saat daripada sibuk melihat sosial media. 

Berikut adalah beberapa cara kreatif  yang dapat kita tambahkan sedikit lebih banyak gerakan ke rutinitas harian kita.

Perjalanan ke dan dari tempat kerja bisa terasa seperti buang-buang waktu. Untungnya, Anytime Fitness menyarankan untuk menerapkan keterampilan multitasking dan mengubah periode menganggur itu menjadi peluang untuk bergerak.

Coba berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja. Ini adalah cara sempurna untuk mengurangi waktu duduk dan meningkatkan detak jantung.

Jika mobil atau transportasi umum adalah satu-satunya pilihan,  glute dan ab clench adalah sesuatu yang dapat kita lakukan langsung dari tempat duduk. Hanya mengepalkan otot, tahan, lepaskan dan ulangi.Bahkan dengan hari kerja yang sibuk, masih ada banyak kesempatan bagi kita untuk menjaga tubuh tetap bergerak.

Verywell Fit merekomendasikan pengaturan timer untuk berbunyi setiap jam atau lebih, mengingatkan Anda untuk mengambil lima atau sepuluh menit untuk melakukan peregangan ringan atau mengambil beberapa putaran di sekitar kantor.

Baca Juga: Sudah Mulai Disalurkan, Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp. 600.000 Lewat BPJS Ketenagakerjaan, Lihat Cara Ceknya

Baca Juga: 2 Jenis Minyak Esensial Bisa Usir Panu Membandel, Coba Sekarang!