Find Us On Social Media :

Resmi per 12 September 2022, Imunisasi PCV Akan Diberikan Rutin Pada Seluruh Anak Indonesia, Ini Pentingnya!

Imunisasi PCV resmi diberikan ke seluruh anak di Indonesia per 12 September 2022, perhatikan manfaatnya dan mangan terlewat!

GridHEALTH.id - Imunisasi menjadi salah satu cara untuk membangun imunitas pada anak.

Ada beberapa jenis imunisasi wajib yang harus diberikan kepada anak sesuai usianya.

Dengan demikian diharapkan anak memiliki tingkat daya tahan tubuh yang baik.

Terkini, Kemenkes RI meresmikan pemberian imunisasi PCV pada anak di seluruh Indonesia.

Hal ini sudah diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan No 779/2022 terkait pemberian imunisasi PCV ditetapkan menjadi imunisasi rutin yang akan diberikan di seluruh Indonesia mulai hari ini.

Uji Coba Pemberian Imunisasi PCV

"Sebenarnya secara terbatas, vaksinasi PCV ini sudah dilaksanakan dan memang vaksinasi PCV ini terbukti bisa menurunkan secara drastis dan memberikan proteksi terhadap pneumonia," kata Menkes Budi dalam kata sambutan di acara Pencanangan Nasional Imunisasi PCV pada Senin (12/09/2022).

Pelaksanaan imunisasi PCV Indonesia sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2017 yang mulai pertama kali diberikan kepada beberapa kabupaten di Lombok Barat dan Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Setelah itu, imunisasi PCV pun diperluas untuk wilayah uji cobanya, di seluruh Kabupaten di Nusa Tenggara Barat, di Kepulauan Bangka Belitung, dan beberapa Kabupaten di Jawa Barat dan Jawa Timur pada periode 2018 hingga 2021. 

Setelah melewati berbagai uji coba ini menunjukkan dampak yang baik untuk mencegah pneumonia pada anak-anak dan balita, serta mencegah angka kematian.

Sehingga ITAGI (Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional) merekomendasikan penggunaan imunisasi PCV secara nasional.

Baca Juga: 14 Vaksin Dasar Anak Hingga Usia 12 Tahun, Sudah Terpenuhi Semua?